Gerindra Kota Ambon Bidik Enam Kursi

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengaku DPC Gerindra Kota Ambon membidik lima hingga enam kursi di DPRD Kota Ambon pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon itu dengan gamblang memberikan pernyataan yang tidak muluk-muluk di sela-sela obrolannya pada Program Podcast Obrolan Rakyat Maluku (ORM), di Studi Harian Rakyat Maluku, Komplek Tanah Rata Kota Ambon, Kamis, 16 Maret 2023 yang dipandu dengan host Intan Tuankota, serta tayang di kanal YouTube RAKYAT MALUKU.

“Saat ini kita punya empat kursi di DPRD Kota Ambon mewakili semua dapil, dan untuk target di 2024 minimal empat, maksimal lima sampai enam kursi. Kita punya target maksimal karena komposisinya cukup memberi ruang untuk penambahan kursi,” tukas wakil rakyat itu.

Sesuai analisa yang dilakukan, kata Rustam, yang paling punya potensi untuk penambahan kursi itu di dapil Baguala Teluk Ambon, kemudian Dapil Nusaniwe.

“Partai Gerindra untuk bertarung di Pemilu 2024 sudah sangat siap, DPRD provinsi kita tetap mempertahankan kursi yang ada. Paling bergengsi adalah kursi untuk DPR RI Senayan sesuai hasil Rakerda Gerindra Maluku, kita komitmen kita untuk
mempertahankan kursi di DPR RI,” kata dia.

Diakui olehnya, untuk tahapan yang sudah dilakukan, jika masyarakat berkenan segala target bisa terealisasi. Sesuai penugasan partai, dirinya menyebut masih maju di DPRD Kota Ambon untuk dapil yang sama periode keempat.

“Tahapan pemilihan bakal calon di tubuh Partai Gerindra Kota Ambon sudah ditutup. Lalu, hasil penjaringannya di semua dapil sudah ada yang mendaftar. Tahun ini Gerindra luar biasa karena dari kuota yang disediakan peminatnya melebihi kuota yang ada,” jelasnya.

Jadi sambung legislator itu, internal partai akan mengkaji dan menganalisis untuk menentukan bakal calon pada semua dapil.
Tentu dengan pertimbangan yang pertama keterwakilan wilayah, kemudian ketokohan di masyarakat, dan kesiapan mereka dalam menghadapi pileg 2024 nanti.

“Itu yang menjadi tolak ukur kita yang akan ditentukan untuk mengirim caleg-caleg ke KPU. Terkait kesiapan menghadapi Pileg 2024, saya kan kader partai yang harus tunduk pada keputusan partai. Saat ini partai memutuskan untuk inkamben kembali merebut kursi yang ada saat ini,” sambungnya.

Fokusnya saat ini ungkap Rustam yakni di pileg 2024. Nanti setelah pileg baru dirembug apakah partai menugaskan untuk maju pada kontestasi pilkada atau tidak.

“Saya kira saat ini masih bersproses di DPRD Kota. Saya tidak banyak persiapan karena tiap hari kita berkerja untuk Rakyat untuk hal-hal prinsipil yang sudah dilakukan. Jadi dari awal terpilih kita sudah bekerja, tidak menunggu waktu Caleg baru bekerja, tidak seperti itu,” ungkap dia. (SSL)

  • Bagikan