Unilever Indonesia  Melalui Wipol, dan DMI Kembali Hadirkan GMB 2023 untuk Berikan Perlindungan Higienis bagi 20.000 Masjid di Bulan Ramadhan

  • Bagikan
  • Digelar sejak 2017, GMB targetkan akumulasi jangkauan hingga 175.000 Masjid[1]
  • Inovasi terbaru Wipol Bioshield berikan perlindungan ekstra tahan lama untuk ciptakan ruangan yang aman dan nyaman

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — Menyambut bulan suci Ramadhan, PT Unilever Indonesia Tbk bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) memperkuat sinerginya dengan kembali menghadirkan Gerakan Masjid Bersih (GMB). GMB merupakan inisiatif sosial berkelanjutan yang bertujuan untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih, nyaman, dan sehat untuk umat Muslim di seluruh Indonesia. Wipol sebagai brand pembersih karbol no.1 di Indonesia[2], menjadi brand hero yang mendukung program GMB untuk memberikan perlindungan higienis extra tahan lama bagi masyarakat, melalui inovasi produk unggulannya Wipol Bioshield.

“Ramadhan tahun ini akan terasa berbeda terutama setelah dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia[3].  Dengan Masjid kembali dibuka penuh menjadi momen yang sangat dinantikan. Namun, perlindungan akan kebersihan dan higienitas juga penting ditingkatkan. Melalui Gerakan Masjid Bersih yang secara konsisten digelar, kami berupaya untuk membantu menciptakan kenyamanan bagi umat Muslim dalam beribadah dan beraktivitas secara maksimal di bulan Ramadhan melalui penyaluran produk dan perangkat kebersihan, serta materi edukasi terkait cara menjaga kebersihan di area masjid. Inisiatif berkelanjutan ini menjadi wujud komitmen Unilever Indonesia melalui brand Wipol untuk terus memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Nurdiana Darus, Corporate Secretary and Director of Sustainability & Corporate Affairs Unilever Indonesia.

Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia dalam kata sambutannya menyampaikan, “Masjid merupakan tempat bersujud, sehingga menjaga kebersihannya sangatlah penting. Digelar sejak 2017 bersama Unilever Indonesia, Gerakan Masjid Bersih menjadi awal dari upaya bukan hanya untuk menjaga kebersihan, tetapi juga menjadi upaya pendidikan di masjid bagi masyarakat khususnya takmir masjid terkait pentingnya menjaga kebersihan. Saya mengucapkan terima kasih kepada Unilever yang bergerak bersama DMI, telah membantu menjaga kebersihan tempat ibadah. Gerakan ini tentunya meningkatkan kebaikan bersama karena kebersihan merupakan sebagian dari iman, serta menjaga masjid menjadi area yang aman dan nyaman karena terjaga kebersihannya.”

Digelar sejak 2017, Gerakan Masjid Bersih telah menjangkau 155.000 masjid, dan menargetkan penambahan 20.000 masjid pada tahun 2023 di enam provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai brand hero dalam GMB tahun ini, Wipol membawa semangat positif untuk menjadikan masjid sebagai area yang aman dan nyaman untuk berbagi.

Anggya Kumala, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia menyampaikan, “Di momen besar seperti Ramadhan, aktivitas di masjid kian masif dan intens, khususnya di area lantai dan tanpa disadari, kita menghabiskan banyak aktivitas di lantai. Namun jika tidak dibersihkan dengan baik, lantai sangat berisiko terekspos kuman yang dalam hitungan menit dapat berkembang berlipat ganda.”

Menghadirkan perlindungan ekstra, Wipol hadir dengan inovasi teknologi mutakhir dan pertama di Indonesia melalui Wipol Bioshield. Teknologi Probiotik alami yang terkandung di dalamnya, tidak hanya mampu membunuh kuman tapi juga mencegah kuman datang kembali bahkan sampai 3 hari. Tidak hanya itu, Wipol Bioshield juga mampu cegah jamur penyebab alergi, yang telah teruji secara dermatologis dan hadir dengan wangi citrus segar.

“Dengan semangat menciptakan ‘ruang berbagi yang aman dan nyaman’, kami berharap baik jamaah masjid maupun anggota keluarga di rumah, dapat melaksanakan berbagai ibadah dan aktivitas berbagi lainnya di area lantai dengan lebih aman dan nyaman, mendapatkan perlindungan dari kuman dan virus dalam waktu yang lebih lama,” tambah Anggya.

Kebutuhan untuk memastikan area masjid dan rumah yang terlindungi kebersihannya juga disampaikan Donita, Ibu dari 2 anak yang juga merupakan Figur Publik. “Dalam beribadah di masjid, ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya, salah satunya kebersihan. Tidak bisa dipungkiri, kita akan merasa nyaman beribadah apabila areanya bersih. Bagi saya, sangat penting untuk memastikan tempat beribadah terjaga kebersihannya agar bisa menjaga kekhusyukan dan kenyamanan dalam beribadah, sekaligus juga melindungi diri dan orang tersayang dari bahaya yang mungkin ditimbulkan dari area-area yang kurang higienis. Gak hanya di masjid, sebagai perempuan saya juga banyak melakukan aktivitas ibadah di rumah. Selain menjalankan sunnah, ibadah di rumah jadi cara saya memberikan pelajaran pertama untuk anak-anak. Makanya, saya senang sekali kini Wipol menghadirkan inovasi teknologi perlindungan ekstra dari Wipol Bioshield – yang bisa cegah kuman datang sampai 3 hari plus mencegah jamur penyebab alergi, dan sudah teruji dermatologist – sehingga memberikan saya ketenangan lebih dalam beraktivitas dan beribadah, baik di rumah maupun di masjid.’

“Melalui GMB 2023, Unilever Indonesia melalui Wipol bersama DMI juga mengajak masyarakat untuk turut menjaga kebersihan rumah dan area masjid, sebagai tempat beribadah dan berbagi. Dengan demikian kami berharap, khususnya di momen Ramadhan ini masyarakat dapat menjalani ibadah dengan lebih nyaman, dan masjid dapat kembali dimakmurkan”, tutup Anggya.

Tentang Unilever

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, dan produk Makanan dan Minuman yang produknya digunakan oleh 2.5 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara.

Unilever memiliki total kurang lebih 149,000 karyawan dan secara global pada tahun 2021 berhasil membukukan penjualan sebesar €50.7 juta. Lebih dari separuh bisnis Unilever ada di negara maju dan berkembang. Kami memiliki total kurang lebih 400 brands di dunia termasuk brand seperti Dove, Lifebuoy, Knorr, Magnum, Rinso dan brand lain seperti Beauty & Planet, Hourglass, Seventh Generation dan The Vegetarian Butcher.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp41,2 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp27,2 triliun dan Rp14 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp5,4 triliun.

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing di masa depan (future-fit).

Kami memiliki rekam jejak yang panjang sebagai perusahaan yang progresif dan bertanggung jawab. Rekam jejak ini dimulai pada saat pendiri kami, William Lever, 100 tahun yang lalu memperkenalkan sabun pertama yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, yaitu sabun Sunlight. Purpose atau tujuan mulialah yang menjadi jantung dari bisnis kami hingga hari ini.

‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggung jawab, hal ini termasuk:

·                       Meningkatkan kesehatan planet

·                       Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta

·                       Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif

Meskipun masih banyak hal yang harus kami lakukan, kami bangga telah diakui pada tahun 2020 sebagai pemimpin sektor dalam Indeks Keberlanjutan Dow Jones dan – selama sepuluh tahun berturut-turut – sebagai perusahaan dengan peringkat teratas dalam survei Pemimpin Keberlanjutan GlobeScan / SustainAbility 2020.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Unilever dan brand nya silahkan kunjungi www.unilever.co.id dan aset sosial media kami, Twitter dan Instagram @UnileverIDN, Facebook Unilever ID dan Youtube Unilever Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Unilever Indonesia Press Office Tel: +6221 8082 7000 Fax: +6221 8082 7002 E-mail:  [email protected]R&R Public Relations Tel: +6221 726 3109 E-mail: [email protected]  
  • Bagikan