Jever Istia, Penderita Leukemia Butuh Bantuan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID – AMBON, — Jever Istia, saat ini menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi atas penyakit yang dideritannya, yakni leukemia.

Sebelum dinyatakan menderita leukemia, ayah Jever, Ananias Istia, awalnya membawa dia ke rumah sakit untuk berobat. Sebab, warga Desa Layeni, Kecamatan Teon Nila Serua (TNS) ini diperiksa karena mengalami gejala bisul di kepala.

“Bisul di kepala itu sudah ada sejak empat bulan lalu. Tapi, saat diperiksa dokter ternyata anak 3 tahun ini mengalami leukemia,” kata Rasyid, pekerja sosial kepada rakyatmaluku.fajar.co.id, Rabu, 15 Maret 2-23.

Dokter yang menangani Jever Istia, menyarankan keluarga agar membawanya ke Makassar untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

“Setelah menjalani rawat inap kurang lebih satu minggu akhirnya dokter memvonis Jev mengidap penyakit leukemia dan secepatnya harus dirujuk ke Makassar sebelum kondisinya makin parah,” jelasnya.

Saat ini, keluarga kekurangan dana untuk membawa anak mereka ke Sulawesi Selatan guna mendapat perawtan medis yang memadai di sana.

“Dari hasil asesmen yang dilakukan terkait dengan dokumen pendukung, Jever memiliki BPJS yang ditanggung oleh pemerintah, namun biaya Obat dan transport perjalanan ke Makassar, orangtua tidak mampu. Orangtua saat ini membutuhkan uluirang tangan dari warga lainnya,” ucapnya.

Leukemia adalah kanker darah akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Leukemia dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Sel darah putih merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang diproduksi di dalam sumsum tulang. (AAN)

  • Bagikan