Walikota Vlissingen Bass Van Den Tillaar Berkunjung ke Pemprov Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Anthon Lailosa mewakili Gubernur Maluku, Jumat (17/2/2023) menerima kunjungan Walikota Vlissingen Bass Van Den Tillaar dan Wakil Walikota Vlissingen Albert Vader di ruang rapat lantai II Kantor Gubernur Maluku.

Vlissingen, adalah sebuah gemeente Belanda yang terletak di provinsi Zeeland telah menjalin Kerjasama sister city (kota kembar) dengan Kota Ambon sejak 1996 dalam bentuk operasi katarak, operasi urologi maupun kulit dilanjutkan dengan pembangunan klinik mata, guna membantu peningkatan Kesehatan mata masyarakat Kota Ambon.

Sambutan hangat disampaikan Kepala Bappeda Maluku, Anthon Lailosa mewakili Gubernur Maluku Murad Ismail.

“Terimakasih atas kunjungan ini. Kami (Pemprov Maluku) sangat berterimakasih untuk kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan Kota Ambon di bidang kesehatan. Kerjasama ini telah memberikan dampak yang luas terhadap masyarakat Kota Ambon,” kata Lailosa.

Pada kesempatan itu, Lailosa menjelaskan bahwa, kawasan Provinsi Maluku memiliki potensi sektor perikanan cukup baik, begitupula dengan potensi perikanan budidaya di wilayah Maluku juga tidak kalah penting.

“Tak hanya itu, Maluku juga memiliki potensi di sector perkebunan, yang dikenal dengan penghasil cengkih dan pala. Unggulan lainnya yaitu wisata bahari serta minyak dan gas bumi,” papar Lailosa.

Lailosa pun berharap, kedepan kerjasama ini dapat diperluas di bidang lain selain kesehatan yang saat ini telah terjalin bersama Kota Ambon

“Jika memungkinkan kerjasama ke beberapa sektor yang menjadi unggulan daerah yaitu kelautan dan perikanan, perkebunan, pariwisata, energi dan sumber daya mineral antara Pemprov Maluku dengan New Zealand (Belanda). Akhirnya, kami berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Maluku maupun Kota Vlissingen,” tandas Lailosa.

Sementara itu, Walikota Vlissingen Bass Van Den Tillaar mengaku, senang dapat bertatap muka dengan Pemprov Maluku, dimana pihaknya bisa sharing terkait upaya-upaya penjajakan kerjasama di sektor lainnya.

Sebenarnya Duta Besar Belanda ingin berkunjungan bersama-sama kami di Kota Ambon, hanya dikarena kesibukan beliau.

“Tetapi, setelah kami dari sini (Ambon) kembali ke Jakarta, kami akan melaporkan hasil yang kami bicarakan ini kepada pak Duta Besar Belada di Jakarta. Kami juga akan bertemu dengan pemerintah provinsi kami dan menyampaikan apa yang telah kami diskusikan berasama pada hari ini,” tandas Bass. (IST)

  • Bagikan