Tampil Memukau, Anak Maluku Diapresiasi BPPB

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — 18 orang Anak Maluku yang masih bersekolah di tingkat SD dan SMP tampil memukau dalam acara Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) di Golden Ballroom, Hotel The Sultan & Residence, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, 12—16 Februari 2023.

Sesuai release yang diteriam rakyatmaluku.fajar.co.id, penampilan kontingen FTBIN dari Maluku langsung diapresiasi oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB), Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. “Maluku keren!,” akui Aziz, seraya menyalam tangan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sahril.

Selain itu, sorak-sorai yang sangat meriah dari penonton sebagai tanda apresiasi akan apa yang ditampilkan oleh kontingen Maluku menggema di Ballroom pelaksanaan FTBIN ini. Bukan hanya itu, panitia pelaksanaan FTBIN juga mengapresiasi penampilan kontingen dari Maluku.

Anak-anak Maluku menampilkan drama musikal yang dimulai dari menyanyi nyanyian rakyat dengan diiringi pukulan tifa. Inafuka dilantunkan oleh peserta dari Kabupaten Buru, Ngiel-Ngiel dilantunkan oleh peserta dari Kabupaten Maluku Tenggara, dan Foruk yang dilantunkan oleh peserta dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar.
Kemudian, dua peserta bersama-sama menyanyikan lagu yang berjudul Hena Masa Waiya dengan diiringi tifa. Selanjutnya, seluruh peserta menari dan di tengah-tengah mereka menari, ada beberapa peserta yang melakukan atraksi di tengah-tengah lingkaran.

Ada yang breakdance dan ada peserta yang diangkat oleh dua peserta lain lalu mengibarkan bendera merah putih setinggi-tingginya. Terakhir, ada atraksi dari satu peserta cilik Maluku yang menampilkan rapper di tengah-tengah panggung semegah itu. Seluruh atraksi yang dilakukan oleh anak-anak Maluku mampu menyihir seluruh tamu undangan yang hadir.

18 Anak Maluku ini, berasal dari tiga Kabupaten yang sudah melangsungkan program Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD),
diantaranya Kabupaten Maluku Tenggara dengan bahasa Kei, Kabupaten Buru dengan bahasa Buru, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan bahasa Yamdena. Mereka berhasil menorehkan catatan sejarah pada FTBIN 2023 yang dilaksanakan di Jakarta.

Sehari sebelum berangkat menuju Jakarta, Gubernur Maluku, Murad Ismail bertemu dengan 18 peserta FTBIN dari Maluku. Ia kemudian mengapresiasi prestasi anak-anak dari tiga kabupaten tersebut dan berpesan bahwa tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, dan jadilah anak-anak yang membanggakan dan mengharumkan Maluku lewat bahasa daerah. (SSL)

  • Bagikan