Kapolda Renovasi Monumen Karel Sadsuitibun Untuk Wisata Edukasi

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — TUAL, — Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, meninjau pekerjaan renovasi monumen Karel Sadsuitubun, Pahlawan Revolusi di Desa Rumadian, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Sabtu, 4 Februari 2023.

Saat meninjau pekerjaan renovasi monumen Karel Sadsuitubun, Kapolda didampingi Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Karo Ops Kombes Pol Asep Saepudin, Dansat Brimob Kombes Pol Dostan Siregar, Direktur Intelkam Kombes Pol I. Gede Arsana, dan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat.

Saat tiba di desa Rumadian, Kapolda disambut meriah. Ia disambut dengan tarian selamat datang yang dibawakan anak-anak desa Rumadian.

“Hari ini kami mengunjungi desa Rumadian untuk melihat progres pekerjaan monumen Karel Sadsuitubun yang merupakan salah satu Pahlawan Revolusi, dan kebetulan beliau dari Polri,” kata Kapolda Maluku, Lotharia Latif.

Renovasi monumen Karel Satsuitubun yang dilakukan Polda Maluku, kata Irjen Latif, bertujuan untuk mengenang dan melestarikan perjuangannya.

“Ada beberapa tempat sudah menggunakan nama Karel Sadsuitubun yakni Bandara Ibra di Langgur, kapal KRI Karel Sadsuitubun. Dan kami melihat di sini tempat beliau tumbuh besar, saya lihat di belakang ada monumen yang dibuat masyarakat, sehingga perlu kami sempurnakan lagi,” jelasnya.

Renovasi monumen salah satu korban Gerakan 30SPKI itu agar lebih representatif, kata Kapolda, sudah menjadi komitmen Polda Maluku. Hal itu dilakukan sebagai edukasi dan untuk dijadikan sebagai wisata sejarah.

”Kami berharap setelah disempurnakan monumen Karel Sadsuitubun akan jadi sarana edukasi sebetulnya bagi pendidikan anak – anak dan masyarakat, ” jelasnya.

Irjen Latif juga berharap dengan penyempurnaan monumen Pahlawan Karel Sadsuitubun akan memberikan nilai dan dampak besar bagi masyarakat luas, khususnya di Ohoi Rumadian. (AAN)

  • Bagikan