Istri Gubernur Maluku Ajak Warga Tanam Pangan Lokal

  • Bagikan

MENANAM, – Istri Gubernur Maluku, Widya Pratiwi Murad menanam anakan pohon Sukun dalam program Penanaman 1000 Pohon serentak se-Indonesia, di Kantor BPTP Balitbangtan Provinsi Maluku, Rabu, 1 Februari 2023. Foto: IST.

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Istri Gubernur Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad mengajak seluruh warga di Maluku untuk giat menanam tanaman lokal yang berumur, agar dapat menjadi kebutuhan konsumsi masyarakat. Salah satunya, pohon sukun tidak asing bagi masyarakat di negeri para raja ini.

Ajakan Widya disampaikan kepada wartawan usai menanam anakan pohon sukun dalam Acara Penanaman 1000 Pohon yang diinisiasi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk di Maluku, Rabu, 1 Februari 2023.

Gerakan tanam serentak pohon diikuti Istri Gubernur Maluku yang juga selalu Ketua TP-PKK, Ny. Widya Pratiwi Murad, dengan melaksanakan kegiatan menanam pohon di halaman Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Provinsi Maluku.

Sebanyak 30 jenis anakan ditanam bersamaan dengan program ini, selain sukun, ada juga anakan jeruk dan anakan rambutan.

Selain Widya, ikut dalam proses penanaman anakan pohon ini, Ketua Dharma Wanita Maluku, Nita Sadali, Kadis Pertanian Maluku, Ilham Tauda, Aster Kodam XVI/Pattimura, Kepala BPTP Maluku, Kadis Ketahanan Pangan Maluku, Sekretaris Dinas Pertanian, Kepala SKP Kelas I Ambon, Kepala BBP2TP Ambon dan pimpinan vertikal lainnya, juga ikut menanam anakan.

Widya berharap, warga di Maluku tidak berhenti menanam atau membudiyakan tanaman lokal demi keseimbangan kehidupan di masa mendatang.

“Mari kita tanam banyak-banyak Sukun khusus di wilayah Maluku. Kan ada beberapa desa yang memang tanahnya cocok sekali untuk tanaman Sukun kita. Mungkin dalam waktu dekat lagi kita akan serentak menanam pohon Sukun di satu wilayah (Lahan) sekitar dua hektar. Sebagai masyarakat Maluku sudah sepatutnya kita mempertahankan tanaman khas lokal, dan buah Sukun itu adalah salah satu buah lokal yang harus kita pertahankan,” singkat Widya usai menanam anakan Sukun.

Usai kegiatan, Widya menyerahkan bantuan anakan pohon dari Dinas Pertanian kepada Kodam XVI/Pattimura, Rizal (Petani dari Negeri Tengah-Tengah) dan Abidin Rumbia (Petani dari Negeri Hitu). (WHL)

  • Bagikan

Exit mobile version