Vokalis Salawat Asal Ambon Tampil di Hadapan Presiden

  • Bagikan

Sayed Syauqi Alaydrus diapit oleh Wagub Maluku Barnabas Orno dan Habib Rifqi Alhamid. Foto: IST

NAMA SAYED HASAN SYAUQI ALYDRUS (10) dari Pondok Pesantren Al-Anshar, Ambon, Provinsi Maluku bakal menghiasi layar kaca Tanah Air. Di hadapan Presiden Joko Widodo bersama ratusan ulama dunia Syauqi Alaydrus akan tampil menjadi salah satu dari empat vokalis terbaik yang dipercaya untuk membawakan Salawat Asyghil dalam rangka puncak Peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, (7/2/23).

Syauqi Alaydrus yang dikenal sebagai santri pada Pesantren Al-Anshar, Pinang Putih, Kota Ambon, itu terpilih untuk membawakan Salawat Asyghil mewakili Maluku.

Habib Rifqi Alhamid, LC, M.Si yang menjadi pendamping dalam keterangannya mengatakan, untuk mematangkan kesiapan menghadapi acara puncak nanti Syauqi Alaydrus kini telah dalam pembinaan di Jakarta setelah diseleksi oleh tim audisi yakni H Nurhidayat dan Addie MS.

“Saya yang mendampingi Ananda Syauqi Alaydrus ke Jakarta. Kamis lalu, (26/1) kami telah terbang menuju Jakarta. Alhamdulillah ia berhasil terpilih mewakili Maluku untuk tampil di acara puncak peringatan 1 Abad NU 7 Februari 2023 di Sidoarjo, Jawa Timur, nanti,” ujar Habib Rifqi, Senin, (30/1/23).

Di hadapan Presiden Joko Widodo bersama ratusan ulama internasional dan warga NU se-Tanah Air Syauqi Alaydrus bersama tiga rekannya itu nantinya akan memukau di tengah jutaan pasang mata melalui layar kaca.

Sayed Hasan Syauqi Alaydrus saat berada dalam studio rekaman.

Syauqi Alaydrus terpilih setelah melalui seleksi yang ketat oleh tim audisi Salawat Asyghil 1 Abad NU terhadap 634 peserta. “Dari seleksi itu tim audisi akhirnya menetapkan empat vokalis terpilih. Salah satunya Syauqi Alaydrus dari Maluku,” ujar Habib Rifqi.

Syauqi Alaydrus sebelumnya saat kedatangan Ustad Abdul Somad (UAS) di Kota Ambon tahun lalu juga pernah tampil membawakan Salawat Asyghil saat acara pembukaan Maulid Nabi Muhammad, SAW, 16 Oktober 2022, di Gedung Islamic Center, Waihaong, Ambon.

Putera kesayangan dari Alwi Alaydrus dan Ibu Vivi Fitrianty Alwi yang menjadi santri di Pondok Pesantren Al-Anshar yang dibina Ustad Abdurrahman Tuanaya, LC itu oleh Habib Rifqi Alhamid pernah diundang membawakan Salawat Asyghil di hadapan UAS dan ribuan warga muslim Kota Ambon.

Di hadapan UAS, lantunan Salawat Asyghil yang dibawakan Syauqi Alaydrus malam itu sempat membuat Dai Sejuta Umat itu terkagum.

Terkait penampilan Syauqi Alydrus yang akan membawakan Salawat Asyghil bersama tiga vokalis lainnya di hadapan Presiden dan ulama internasional nanti Habib Rifqi Alhamid yang kerab dipanggil HRA itu mengaku berterima kasih atas kepercayaan diberikan kepada salah satu santri terbaik dari Maluku itu.

“Kita berharap, dengan tampilnya Syauqi Alaydrus mewakili Maluku di hadapan Presiden bersama ulama dunia dan disaksikan jutaan pasang mata melalui layar kaca pada puncak 1 Abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur, nanti menunjukkan bahwa Maluku adalah kota religius yang selalu menjunjung tinggi semangat toleransi,” ujarnya.

Kedepan HRA berharap akan muncul Syauqi-Syauqi yang lain mewakili Maluku untuk tampil pada even-even nasional dan internasional.

“Biar dunia tahu bahwa Maluku juga bisa menampilkan generasi muda yang punya bakat dan kemampuan di bidang vokal khususnya yang sifatnya Islamis,” ujar HRA yang juga Pengasuh Yayasan Ar Rahmah, Ambon, itu.(DIB)

  • Bagikan