Gubernur Minta Mekarkan Serut Jadi Kabupaten

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Gubernur Maluku, Murad Ismail, meminta kepada Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng), Muhammad Marasabessy, agar dapat segera melakukan pemekaran Kecamatan Seram Utara (Serut) menjadi Kabupaten Seram Utara Raya.

Demikian disampaikan Gubernur dalam sambutannya usai melantik Dewan Pimpinan Pusat Konsorsium Pemuda Seram (DPP KONSPERAM) Masa Bakti 2023-2025, di Gedung Auditorium Universitas Pattimura (Unpatti), Kota Ambon, Sabtu, 28 Januari 2023.

“Nanti akan ditambah lagi satu kecamatan di Seram Utara untuk pemekaran menjadi Kabupaten Seram Utara. Apalagi, pengusulan penambahan kecamatan ini kan sudah dari jaman bupati saat itu,” katanya.

Gubernur mengaku menaruh harapan besar kepada Pengurus KONSEPRAM yang memiliki semangat dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Maluku, khususnya yang bermukim di Pulau Seram.

Ia pun mengajak KONSPERAM untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun daerah guna mewujudkan Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamim dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

“Bangkit bersama-sama dengan saya (pemerintah daerah), saya bantu kalian. Yang penting untuk memajukan Maluku,” ajak Gubernur.

Baginya, harapan yang ia utarakan sejalan dengan tujuan pembentukan KONSPERAM yang merupakan organisasi kemasyarakatan dalam mengemban tugas untuk meneruskan kelanjutan hidup berbangsa dan bernegara.

“Harapan saya kepada para pengurus untuk bekerja lebih keras lagi dalam menggerakkan roda organisasi, melakukan konsolidasi internal, bekerja sama dan membangun komunikasi secara intens dengan seluruh pemangku kepentingan.

Ia juga mengingatkan agar pembentukan organisasi KONSPERAM dilakukan sesuai aturan yang memiliki fungsi sejalan dengan hajat masyarakat Seram.

“Para pengurus harus memiliki kepekaan agar mampu mendengar aspirasi yang berkembang sebagai referensi dalam mengembangkan organisasi,” harap Gubernur.

Di kesempatan itu, Ketua Umum KONSPERAM, Syaril Rumbouw, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pulau Seram memiliki sumber daya yang cukup namun jauh tertinggal, lantaran terpecah-pecah. Hal itulah yang menjadi latar belakang komitmen pendirian organisasi ini.

“Mudah-mudahan ikhtiar kami dapat terjawab dengan kemajuan organisasi ini. Proyeksi kita yakni dengan saling mendukung, saling mengeratkan tali silaturahmi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Seram hari ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, acara pelantikan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Silaturahmi Akbar Masyarakat Seram Raya bertajuk “Mempererat Solidaritas dan Eksistensi Pemuda Seram Dalam Menghadapi Masa Depan”.

Turut hadir, Ketua TP PKK Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad, Sekda Maluku Sadali Ie beserta isteri, Pj. Walikota Ambon Boedewin Wattimena, Rektor Unpatti Ambon M. J. Saptenno, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku, anggota DPRD Maluku, para tokoh adat/agama dan masyarakat Seram. (RIO/ SSL)

  • Bagikan