PKS Kejar Urut Dua, Demokrat Berjuang Kembalikan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Jika Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI-P) berambisi besar merebut dua dari empat kursi DPR RI, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) justeru lain.

Selain berkomitmen mempertahankan satu kursi DPR RI yang saat ini diduduki Sa’adiah Uluputty, (PKS) juga berkomitmen menargetkan perolehan suara di posisi kedua. pada tingkatan itu.

“Dari PKS sesuai dengan hasil musyawarah wilayah yang dilakukan di tahun 2021, kami sudah mengamanahkan untuk mempertahankan saty kursi DPR RI dan meningkatkan rangking perolehan partai dalam perolehan kursi DPR RI,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai PKS, Asis Sangkala saat ditemui media ini, di Kantor DPRD Maluku, Selasa 10 Januari 2023.

Dikatakan, periode 2019 PKS berada di rangking tiga dari empat kursi, olehnya itu diupayakan kali ini masuk dalam rangking dua untuk empat kursi di DPR RI dan juga menargetkan penambahan perolehan suara.

“Prinsipnya bahwa kita akan mempertahankan kursi DPR RI dengan mengarahkan seluruh elemen dan kekuatan partai, baik untuk seluruh kader yang dimiliki oleh PKS atau anggota PKS dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa dan dusun,” kata Asis.

Sehingga dia menegaskan dibutuhakn kolaborasi seluruh caleg kabupaten/kota untuk memastikan agar kursi DPR RI dari PKS tetap dimiliki dan makin kokoh.

“Dalam pengertian bahwa kemarin kita rangking 3 dalam pemilu daerah harus meningkat jari rangking 2. Dengan target suara yang sudah kita tetapkan mengalami peningkatan lebih dari 50 persen dari jumlah sebelumnya. Kala itu suara yang kita peroleh 97. ribu ya, kami ingin menambah 50 persen lagi dari sebelumnya,” tegas Wakil Ketua DPRD Maluku itu.

Dijelaskan, langkah-langkah yang sudah ditetapkan, diantaranya caleg DPR RI yang sangat siap, ada Sa’adiah Uluputty yang merupakan Srikandi Maluku yang secara eksis menyuarakan kepentingan masyarakat Maluku di parlemen pusat, kemudian ada Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, pak Amir Rumra yang selama ini sudah sangat mengakar kapasitasnya di tengah masyarakat dan selalu berhasil selama 4 periode berturut-turut, dua periode di kabupaten dan dua periode di provinsi.

“Ada juga pak Sudarmo yang merupakan salah satu Fungisioner DPD PKS dan sudah menjadi anggota DPRD Provinsi selama tiga periode berturut-turut, basisnya sudah sangat mengakar di masyarakat di Pulau Buru, Kota Ambon dan beberapa daerah di Pulau Seram,” jelas dia.

Sementara itu, dia memaparkan ada satu Caleg perempuan lagi dari PKS yang sementara masih proses finalisasi dan belum bisa disebut namanya.

“Intiny sosok-sosok itu menjadi kekuatan utama untuk mendulang suara secara full di DPR RI. Kita realistis, silahkan partai lain punya target besar dua kursi, silahkan saja kita tidak memghalangi. Namun PKS realistis bahwa kursi DPR RI Maluku hanya empat kursi,” papar Wakil rakyat itu.

Diakui, faktanya kekuatan politik di Maluku secara menyeluruh terbagi cukup merata, tidak ada dominan-dominan sehingga tidak ada yang merasa superior dari yang lain.

Ditanya perihal strategi yang digunakan, Asis menyebut pertama, dioptimalkan mesin internal partai, konsolidasi dan bahkan sudah menyiapkan kepengurusan sangat baik.

“Target kita di tahun ini menyelesaikan 95 persen kepengurusan partai mulai di desa hingga dusun. Kedua, seluruh caleg bekerja secara disiplin dalam jalur komando partai, tidak ada caleg-caleg yang manuver untuk partai atau kampanyekan partai lain. Apabila kedapatan sanksinya tegas, bahkan bisa pembatalan bagi yang bersangkutan,” pungkas dia.
Sementara itu, untuk perebutan kursi DPR RI ini, Partai Demokrat juga sedang menyusun srtaegi untuk kembali merebut kursi DPR RI yang sempat lepas.
Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Demokrat Maluku, Rizhart Jambormias kepada media ini menegaskan, bagi Partai Demokrat, Pemilu 2024 adalah momentum kebangkitan untuk kembali memperbaiki prestasi partai, merebut kemenangan di semua tingkatan.
”Untuk calon anggota DPR RI, lanjut dia ada Partai Demokrat sedang mempersiapkan figur-figur populis yang punya peta kekuatan tersendiri,” ungapnya,
Ia menolak untuk menyebut nama-nama calon DPR RI dari partai berlambang mercy ini. Hanya memberikan bocoran latar belakang mareka.
”Ada anak mantan Gubernur Maluku, ada siteri mantan bupati, juga politisi kawakan di tingkat pusat. Pokoknya komposisinya kuat untuk mengembalikan kursi DPR RI Dapil Maluku dari Partai Demokrat yang sempat hilang,” tegasnya.

Faktor lain yang bakal menunjang kemenangan Partai Demokrat di semua tingkatan termasuk di level DPR RI, lanjut dia adalah ikutnya Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono dalam pertarungan Pilpres.
”Yang pasti, caleg-caleg kita baik di tingkat DPRD kabupaten/kota, provinsi maupun pusat akan mendapat efek ekor jas dari ikutnya Ketum AHY di perlhelatan Pilpres. Ini adalah vitamin tambahan bagi Demokrat untuk meraih kemenangan,” kata Jamobrmias. (**)

  • Bagikan