Kadisdik Imbau Ortu Antar Jemput Anak

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pasca Insiden Penculikan Anak

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Ambon, Ferdinand Tasso, mengambil langka mengimbau kepada sekolah dan Orang Tua (Ortu) untuk waspada antisipasi agar tidak terjadi penculikan terhadap anak.
Sebab, Celin Tenine salah satu Siswa SD 77 Passo, Kecamatan Baguala Kota Ambon sempat hendak diciduk dua pria bertopeng di depan Indomaret Passo, Senin 9 Januari 2023.

Namun Celin berhasil diselamatkan oleh warga yang melihat aksi dua pria yang menggunakan karpus mencoba membawa kabur Celin.

“Kami sudah mengimbau kepada orang tua dan pihak sekolah untuk mengingatkan
jauhi orang yang tidak di kenal dan jangan jalan sendirian,” kata Tasso kepada koran ini, Selasa 10 Januari 2023.

Kata Tasso, orang tua juga harus siap siaga mengantar anak pergi sekolah dan jemput saat pulang sekolah. Terutama anak yang masih Paud, TK dan SD.

“Paling tidak mengambil langkah-langkah atisipasi seperti pihak orang tua kalau memang ada waktu untuk jemput, yah jemputlah anak dan antar anak sekolah,” ujarnya.

Dia juga mengaitkan orang tua, yang tidak sempat menjemput anaknya agar utuskan orang yang dikenal untuk jemput anak. Namun harus diketahui pihak sekolah agar orang tersebut dikenal.

“Misalnya bukan orang yang biasanya jemput itu baiknya harus di sampaikan ke pihak sekolah bahwa orang itu adalah benar pihak keluarga, bukan orang yang menipu atau mengaku-mengaku sebagai anaknya,” bebernya.

Dijelaskan, kebetulan modus penculikan yang terjadi bukan di sekolah, kejadianya dia sudah meninggalkan sekolah berjalan dari sekolah ke POM bensin itu.

Mungkin pencuri lebih cenderung melihat anak yang jalan sendirian, dan situasinya sepi.

“Ada kesempatan mereka mengambil tindakan sehingga imbauan kita sebaiknya tidak berjalan sendirian harus dengan teman dan di upayakan juga orang tua menjemput,” terangnya.

Diketahui, Celin saat ini sudah berada di tangan keluarga. Menurut kesaksian warga, dua pria tak dikenal itu terlihat menutup mulut Celin dengan menggunakan sapu tangan. Celin lemas dan merasa pusing.

Hal ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIT, tepatnya di depan Indomart yang berada tidak jauh dari RS Otokwik Passo. (MON)

  • Bagikan