Mahasiswa UT Lakukan Pemberdayaan Masyarakat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dua orang Mahasiswa S1 Pariwisata Universitasn Terbuka (UT) Ambon melaksanakan Program Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat di Negeri Urimessing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, dengan sub tema “Pengembangan SDM dan Kelembagaan Pariwisata (Kelompok Sadar Wisata).

Program pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu bagian dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, itu diawali dengan penyerahan mahasiswa oleh Dosen Pendamping Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Wildoms Sahusilawane, SE., M.Si selaku Manager BAT, kepada Pemerintah Negeri Urimessing yang diwakili sekretaris negeri, di Kantor Negeri Urimessing, 8 Desember 2022.

Pemberdayaan masyarakat merupakan mata kuliah kontekstual dan penerapan keilmuan dan teknologi yang telah dipelajari mahasiswa pariwisata dalam bentuk projek, edukasi atau penyuluhan yang bermanfaat bagi pengembangan/peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebelum melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat di Negeri Urimessing, UT Ambon melaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa yang akan turun langsung ke masyarakat di Kampus UT Ambon pada 7 Desember 2022.

Direktur UT Ambon, Adrianto SE M.M, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pemberdayaan mayarakat adalah mata kuliah praktik, Prodi Pariwisata yang mana baru pertama kali dilaksanakan di Universitas Terbuka pada periode 2022.2.

“Harapannya, dengan dilakukan program ini dapat memberikan manfaat ke mayarakat setempat dan mahasiswa dapat aktif mengenalkan UT di masyarakat, sehingga mempercepat penyebaran informasi ke mayarakat Kota Ambon,” ujar Adrianto dalam rilis yang diterima media ini, Selasa, 13 Desember 2022.

Sementara itu, Ketua Program Studi S1 Pariwisata UT, Andy Mulyana, SE., M.M, menyampaikan bahwa program ini baru pertama kali ditawarkan di UT oleh mahasiswa UT Ambon dan UT Mataram.

“Semoga mahasiswa bisa berkoordinasi dan Kerjasama dengan UPBJJ, mitra, pembimbing dan dosen pendamping serta menjaga sikap dan perilaku sehingga mendapat kesan yang baik tentang UT di masyarakat tempat kegiatan berlangsung maupun masyarakat Kota Ambon pada umumnya,” ungkap Andi.

Sekretaris Negeri Urimessing, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada UT Ambon karena sudah memilih Negeri Urimessing sebagai tempat untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat.

“Dan pemerintah negeri siap membantu untuk terlaksananya kegiatan ini,” janjinya.

Manager BAT, Wildoms Sahusilawane, SE., M.Si, dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih karena
sudah menerima Mahasiswa S1 Pariwisata dengan baik.

“Dan kami memohon
bimbingan dan bantuan pihak pemerintah negeri dan mitra selama proses
pemberdayaan masyrakat berlangsung sampai dengan penarikan dari lokasi kegiatan,” harapnya.

Rangakaian kegiatan
ini diikuti oleh Direktur UT Ambon, Adrianto SE M.M. Ketua Program Studi S1 Pariwisata UT, Andy Mulyana, SE., M.M. dan dosen pendamping PKM, Wildoms Sahusilawane, SE., M.Si selaku Manager BAT dan Azizah Mujahidah Anissa, S.Pd.,
M.Pd, sebagai Pj Praktik. (*)

  • Bagikan