Hasil Jobfit Bakal Diusulkan ke Kemendagri

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, bakal mengusulkan hasil Jobfit ke Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Aparatur Sipil Negara. Namun saat ini masih menunggu laporan dari Panitia Seleksi (Pansel) terkait dengan hasil jobfit.

“Saya menunggu laporan dari panitia seleksi. Laporan dari Pansel sampai hari ini belum ke saya,” kata Wattimena kepada wartawan, Selasa 13 Desember 2022.

Menurut Wattimena, Pansel sementara di luar daerah, mereka akan kembali baru disampaikan hasilnya ke pejabat pembina kepegawaian.

“Setelah hasilnya sudah dilaporkan, maka kita akan usulkan ke Kemendagri,” ujarnya.

Dijelaskan, sebelumnya itu sebanyak 27 peserta yang terdiri atas Pejabat Tinggi Pratama, di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, ikut seleksi Uji Kesesuaian/Jobfit. Jobfit bertujuan untuk menilai kecocokan jabatan yang saat ini diduduki dengan kepribadian, soft skill yang dimiliki, serta cara kerja yang selama diperlihatkan para Pejabat Eselon II tersebut.

27 peserta siap dinilai dalam Seleksi (Pansel) Uji Kesesuaian/Jobfit “Memperkuat Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur Untuk Membangun Ambon Yang Smart” harus menunjukkan kelayakan, serta integritas diri bahwa mereka layak menduduki jabatan yang saat ini sedang diembankan ke pundak mereka.

“Ini bukan soal pemberitaan yang telah beredar bahwa yang diangkat lebih banyak IPDN dari pada yang lain. Semua ini aset Pemkot, oleh karena itu tidak ada yang dibeda-bedakan. Untuk itu saya minta peserta yang ikut harus bersungguh-sungguh, apabila layak dan memenuhi syarat, memiliki kapasitas, maka dia (pimpinan tinggi pratama) layak,” kata Wattimena saat membuka proses seleksi.

Wattimena meminta kepada para Pansel yang terdiri atas Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Birokrat, serta Akademisi ini, agar dapat memberikan penilaian dan jujur, serta membantunya dalam mempertimbangkan segala penilaian yang telah dilakukannya secara mandiri dalam masa jabatan enam bulan berjalan.

“Pansel diharapkan dapat memberikan pertimbangan yang objektif kepada saya, bantu saya untuk menemukan kesesuaian pada seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, agar dengan kedudukan jabatan yang sesuai dan kita bersama dapat melakukan perubahan bagi masyarakat,” harap Wattimena.

Untuk diketahui, anggota pansel jobfit ; Prof. Dr. Mon Nirahua, Dr. Abdullah Latuapo, Bpk Hj. Buasalama, Dr. Dody Siwabessy, Drs. Benny Selanno M.Si, Dr. Jhony Ch. Ruhulessin. (MON).

  • Bagikan