Rektor UT Raih Penghargaan 10 Pemimpin Terbaik Asia 2022

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D., meraih penghargaan dari Majalah CEO Insight Asia sebagai satu dari sepuluh pemimpin terbaik pada bidang pendidikan di Asia tahun 2022. Piagam penghargaan ditandatangani oleh Managing Editor CEO Insight Asia, Sujith Vasidevan.

Penghargaan pengakuan global tahunan ini adalah manifestasi dari pemikiran pemimpin bidang terkemuka di Asia dalam mendorong lembaga pendidikan menuju pengembangan yang lebih baik di masa akan datang.

Saat wawancara dengan Majalah CEO Insight Asia, Rektor UT Prof Ojat membeberkan keberhasilan UT dalam memberikan layanan pendidikan kepada mahasiswa, yaitu dengan terus mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi yang berbasis teknologi, khususnya fasilitas berbasis web dan infrastruktur untuk memfasilitasi proses pembelajaran siswa.

“Selama dua dekade terakhir, UT telah menerapkan sistem pendaftaran masuk tunggal berbasis web. Aplikasi ini memungkinkan UT menawarkan layanan online secara terintegrasi, sistem registrasi online, layanan bantuan belajar online, Asesment online serta administrasi akademik lainnya,” papar Rektor dalam rilis yang diterima media ini di Ambon, Jumat, 9 Desember 2022.

Menurutnya, pada Oktober 2022, UT telah resmi berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo. Perubahan status itu menjadikan UT memiliki otonomi pengelolaan pembelajaran.

Institusi pendidikan UT ini, lanjut Rektor, harus menciptakan sistem lebih gesit dan fleksibel untuk pedagogi online dan mengembangkan inovasi teknologi untuk memberikan pembelajaran kesempatan kepada siswa kurang mampu.

“Antusias masyarakat untuk bergabung dengan UT sudah semakin meningkat terlihat pada beberapa tahun terakhir jumlah mahasiswa baru semakin meningkat, UT Ambon sendiri pada periode lalu tercatat ada lebih dari 500 mahasiswa baru yang bergabung dan Saat ini sedang membuka Pendaftaran mahasiswa baru tahun registrasi 2023.1 akan dibuka sampai dengan 16 Februari 2023,” terangnya.

Dijelaskan, UT menjadi pemimpin di Asia untuk pendidikan terbuka dan jarak jauh, sebagai sebuah universitas ternama yang menjadi ujung tombak tren pembelajaran online UT telah menyediakan pendidikan jarak jauh yang berkualitas untuk hampir empat dekade sejak didirikan pada tahun 1984.

Dengan global standar yang dapat menjangkau semua orang, termasuk mereka yang tinggal di tempat yang paling terisolasi atau lokasi terpencil di mana akses ke pendidikan tinggi sangat sulit.

“Atas pencapaian yang telah diraih tersebut, UT dimandatkan untuk menjadi Universitas Cyber ​​dan salah satu pendiri ICE-I. UT juga diposisikan sebagai leader di Indonesia dalam mempromosikan pembelajaran daring yang berkualitas pengiriman di dalam negeri. ICE-I itu adalah pasar pembelajaran online di Indonesia dilengkapi dengan galeri untuk kursus online,” jelas Rektor.

“ICE-I menyediakan ratusan kursus yang bisa diambil dan dikreditkan dalam pendidikan tinggi Indonesia ekosistem (registrasi e-learning nasional) dan terhubung ke pasar kerja menggunakan blockchain,” tambahnya. (SSL)

  • Bagikan