Fans Brasil Ambon Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Komunitas Fans Barsil Ambon menyalurkan langsung sejumlah bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, di tenda pengungsian, Minggu, 11 Desember 2022, sore.

Penyaluran bantuan itu dipimpin langsung oleh Ketua Fans Brasil Ambon, Joses Do Santos Walalayo bersama Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku, Arman Kalean, yang juga fans fanatik Tim Sepak Bola Brasil di Piala Dunia 2022.

“Hari ini sejumlah bantuan yang kita salurkan dan diterima secara langsung oleh ketua RT setempat dalam bentuk kebutuhan pokok dan pakaian layak pakai,” ucap Santos, kepada rakyatmaluku.fajar.co.id.

Dikatakan Santos, selain memberikan sejumlah bantuan, pihaknya juga menyambangi para korban kebakaran yang berada di beberapa tenda-tenda pengungsian untuk memastikan kondisi kesehatan mereka dalam keadaan baik serta ingin mengetahui kebutuhan emergensi apa yang saat ini dibutuhkan para korban.

“Prinsipnya, kegiatan kemanusiaan tidak mengenal latar belakang apapun, sebab kemanusiaan kita satu. Makanya kita tinjau langsung para korban kebakaran untuk membuktikan bahwa mereka tidak sendirian, masih ada banyak orang yang peduli,” ungkap Pemerhati Olahraga Maluku itu.

Dia menjelaskan, sehari pasca insiden kebakaran yang menghanguskan ratusan bangunan (rumah, kos-kosan dan kios/ toko jualan) pada Jumat, 9 Desember 2022, sekitar pukul 03.00 Wit dini hari, Komunitas Fans Brasil Ambon langsung membuka donasi sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas dari pendukung Tim Sepal Bola Brasil di Ambon.

“Donasi dapat berupa uang tunai maupun keperluan lainnya yang kiranya dibutuhkan para korban kebakaran saat ini. Seperti pakaian layak pakai, kebutuhan ibu hamil dan bayi,” jelas Caretaker Ketua DPD KNPI Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) itu.

Untuk barang, lanjut Santos, dapat diserahkan langsung di salah satu Admin Komunitas Fans Brasil Ambon atas nama Anchu di Soabali. Sementara uang tunai dapat ditransfer melalui nomor rekening yang tertera pada flyer yang disebar.

“Saya pastikan seluruh bantuan akan tepat sasaran dan transparan. Karena untuk diketahui saja bahwa kami dulu sering membuat kegiatan sosial, dan ini sudah dari piala dunia tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya. Jadi, hal ini sudah menjadi komitmen kami semua yang tergabung dalam komunitas untuk saling peduli,” tandasnya.

Di kesempatan itu, Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku, Arman Kalean, menambahkan, kekalahan Tim Brasil oleh Tim Kroasia di Piala Dunia FIFA 2022 pada Jumat malam atau Sabtu dini hari kemarin, bukanlah suatu alasan untuk menurunkan semangat para Fans Brasil di Kota Ambon.

“Bayangkan, kami kalah saja kami sudah berbuat (berbagi kasih), apalagi menang,” tambah Arman dengan nada canda sembari menghibur para korban kebakaran. (RIO)

  • Bagikan