Warga Argentina Salut Pendukung di Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Penduduk Indonesia, terkenal dengan fanatisme sepakbola. Berbagai cabang klub maupun tim nasional ada di negara ini.
Tak terkecuali di Maluku yang sangat fanatik dengan tim nasional peserta piala dunia.
Sudah menjadi kebiasaan, dia ajang piala dunia, Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku selalu saja ramai. Selain atribut berupa bendera dan kaos timnas mewarnai kota bertajuk Manise ini, selalu saja ada pawai yang dilakukan para fans ketika tim yang digandrunginya menang dalam laga.
Ada beberapa negara yang timnasnya punya fans yang terbilang banyak di Ambon, selain Belanda karena hubungan sejarah bahkan saudara, negara lain seperti Jerman, Argentina.
Tak jarang pula aktivitas para fans ini sampai viral, bahkan sampai ditayang di TV negera-negara bersangkutan.
Beberapa kali, aktivitas fans Belanda ditayang di TV Belanda. Yang mengejutkan, kali ini pawai Argentina ditayang juga di TV asal negeri Tenggo itu.
Dikutip dari DAUN.ID, video konvoi ribuan pendukung tim Argentina di Ambon pada Kamis, 1 Desember 2022 jadi viral sampai ke luar negeri, bahkan ditayang di TV dan media Argentina antara lain, TYC Sprot, ESPN Argentina, hingga Diario Ole.
Pawai warga Ambon pendukung tim Aregintan ini memang heboh. Setelah nobar, dan setelah Lionel Messi dan kawan-kawan mengalahkan Polandia, Kamis 1 Desember dini hari.
Setelah Alexis McAllister dan Julian Alvarez membuat La Albiceleste unggul 2-0, ribuan pendukung Argentina tumpah ruah di jalanan Ambon. Dalam video yang viral, mereka membuat Ibukota Provinsi Maluku itu layaknya Buenos Aires.
Ribuan kendaraan tumpah di jalan Sudirman dengan aungan kanalpot racing yang memang sudah disiapkan untuk konvoi.
Momen tersebut bahkan sampai menjadi sorotan beberapa media di luar negeri, salah satunya oleh media kenamaan Argentina, TYC Sport, ESPN Argentina, hingga Diario Ole. Mereka tampak heran, kagum, dan berterima kasih kepada aksi unik masyarakat Ambon.
”Locura en Indonesia. Asi se fastejo en las calles el pase de Argentina a los octavos de final del Mundal,” begitu kutipan tulisan yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ”Kegilaan di Indonesia. Beginilah cara Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dirayakan di jalanan.”
Di instagram milik warga negara Argentinta, video konvoi itu juga diupload. Salah satunya oleh mantan Kapten timnas Argentina dengan akun instagramnya C5N.
”Asi se festejo la victoria en Indonesia,” kutipan tuilisan di instagram itu yang artinya ”Begitulah kemenangan di Indonesia dirayakan.”
Penelusuran media ini, selain media Argentina, video yang viral itu juga ditayang di beberapa media di negara-negara Eropa dan Amerika. (NAM)

  • Bagikan