Buka Rakerda, Pj Walikota Minta PEKAT IB Ambon Jadi Garda Terdepan Bangun Daerah

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Yan Suitela, membuka dengan resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pembela Kesatuan Tanah Air (PEKAT) INDONESIA BERSATU (IB) Kota Ambon ke- 1 Periode 2022 – 2027, dengan mengambil tema “Optimalisasi Sumber Daya Manusia Wujudkan Kesejahteraan Rakyat di Bumi Raja-raja”, bertempat di lantai II, LeGreen Suite Ratulangi Ambon, Sabtu, 3 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Bodewin berharap hasil Rakerda DPD PEKAT IB Kota Ambon Periode 2022 – 2027 dapat melahirkan program-program yang kiranya menjadi garda terdepan dalam membantu dan bersinergi dengan agenda pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Atas nama Pemkot Ambon, saya ucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya Rakerda DPD PEKAT IB Kota Ambon Periode 2022-2027, dan semoga semua keputusan yang telah di ambil dan ditetapkan, adalah yang terbaik bagi kita semua,” harapnya.

Dia menjelaskan, DPD PEKAT IB dengan visi menumbuhkan rasa cinta yang mendalam terhadap bangsa dan negara, juga menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme, dan misi mengajak segenap komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk menjaga keutuhan bangsa dalam kerangka NKRI, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, maupun golongan.

Olehnya itu, lanjut Bodewin, dirinya mengajak segenap kader agar bisa menyatukan semangat untuk membangun citra kebersamaan dalam kebhinekaan warga Negara Indonesia dalam perjuangan bangsa dan NKRI untuk mencapai masyarakat sejahtera yang adil dan merata.

“Kiranya tata kelola organisasi yang profesional akan melahirkan kader- kader yang memiliki integritas serta kemampuan yang luar biasa dalam membesarkan organisasi masyarakat yang kita cintai ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DWP PEKAT IB Provinsi Maluku, Beny Adam, SH, dalam sambutannya mengatakan, Rakerda dilaksanakan dengan dimaksud dan tujuan agar tercapainya visi dan misi PEKAT IB melalui perencanaan, pengembangan, serta pelaksanaan program kerja yang terstruktur dan tertanggungjawab, baik untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Olehnya itu, dia berharap pelaksanaan kegiatan Rakerda PEKAT IB Kota Ambon ke-1 tahun 2022, bisa melahirkan kader-kader terbaik di berbagai sektor dengan program-program yang brilian, yang menyentuh masyarakat, yang menjadi sumber kesejahteraan anggota serta menjadi barometer tata kelola organisasi yang baik, khususnya di Maluku bahkan nasional.

“Ada beberapa program yang telah dilaksanakan sebelum dan sesudah pelantikan baik itu di wilayah maupun di daerah khususnya Kota Ambon. Adapun program unggulan yang akan menjadi skala prioritas yakni, Berbagi Kasih, Rindu Berhias dan Pendidikan Bela Negara hingga terciptanya Panca Presetya Bakti,” ungkap Beny.

Dikatakan Beny, PEKAT IB mendorong sinergitas yang baik dan berkelanjutan dengan seluruh Forkopimda baik di provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, PEKAT IB akan menjadi mitra yang strategis melalui program, kritik, saran, dan masukan yang positif demi terwujudnya masyarakat yang aman dan sejahtera.

“Untuk itulah Pak Penjabat Walikota saya titipkan PEKAT IB Kota Ambon agar bisa berkembang lebih baik dan berjalan beriringan dengan program unggulan Pemkot Ambon,” harapnya.

“Dewan Pimpinan Pusat melalui ketua umum H. Markoni Kotto menitipkan pesan jangan jadikan PEKAT IB sebagai ladang/sumber kekayaan, tapi jadikanlah PEKAT IB sebagai ladang/sumber amal kita,” tambah Beny.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD PEKAT IB Kota Ambon, Fadri Nurlette. Menurutnya, satu hari setalah dilantik, DPD PEKAT IB Kota Ambon langsung menjalankan program perdanya, yakni “RINDU BERHIAS” yang artinya Rumah Ibadah Lingkungan Bersih, Hijau dan Sehat.

Dalam program ini, lanjut Fadri, DPD PEKAT IB Kota Ambon menyalurkan bantuan dari Pacific Paint Indonesia melalui distributor CV. Binaya, berupa cat kepada Mesjid Agung An Nur Negeri Batu Merah dan Gereja Negeri Soya.

“Seluruh bantuan cat itu kami salurkan semuanya sama rata, tidak ada yang kami bedakan. Dan insya Allah program ini akan diupayakan menjadi program strategis DPD PEKAT IB Kota Ambon secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Dan sebelum dilantik, kata Fadri, DPW PEKAT IB Provinsi Maluku dan DPD PEKAT IB Kota Ambon telah menyelenggarakan kegiatan Berbagi Kasih dengan membagikan nasi kotak kepada masyarakat yang kurang mampu di Kota Ambon setiap hari Jumat.

Organ Sayap DPD PEKAT IB Kota Ambon, yakni Brigade dan Srikandi, tambah Fadri, juga pernah berjalan kaki sepanjang jalan Sam Ratulangi sampai ke kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Kota Ambon, sambil berbagi takjil kepada umat muslim untuk berbuka puasa di Bulan Ramdhan kemarin.

Tidak hanya itu, DPD PEKAT IB Kota Ambon, khususnya Brigade PEKAT IB Ambon juga pernah dilibatkan untuk pengamanan di Ring 2 pada acara akbar Gereja Katolik, yaitu Pentahbisan Mgr. Seno Ngutra sebagai Uskup Keuskupan Amboina oleh Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Tarcisio Bertone S.D.B. Piero Pioppo, bertempat di Katedral St Fransiskus Xaverius Ambon, Sabtu, 24 April 2022.

“Anggota DPD PEKAT IB khususnya Brigade yang ikut menjaga dan mengamankan acara akbar Gereja Katolik ini juga ada yang dari muslim. Inilah kami PEKAT IB yang ingin mewujudkan nilai-nilai kebersamaan dan kerukunan dalam kebhinekaan bagi seluruh masyarakat di Kota Ambon,” terangnya.

Bahkan, kata Fadri, PEKAT IB akan terus memelihara nilai-nilai leluhur, yakni hubungan Pela-Gandong di Maluku, khususnya di Kota Ambon, tanpa membedakan suku, agama, ras maupun golongan, sebagaimana hal ini menjadi tujuan PEKAT IB yang diatur dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Ormas PEKAT IB.

“Siapapun dia dan apapun kepercayaannya, akan kami rangkul, kami jaga, dan kami jalan bersama-sama dengannya dalam suka maupun duka, karena semua orang bersaudara. Kita akan saling gotong royong dalam segala hal demi mewujudkan cita-cita bersama di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” jelasnya.

Dikatakan Fadri, hadirnya PEKAT IB sebagai organisasi masyarakat di Kota Ambon telah memberikan warna tersendiri, dengan menguatkan dan melestarikan tatanan hubungan Pela dan Gandong. Dimana, filosofinya adalah “Laeng Kalesang Laeng, Toma Manggurebe Maju dari ketertinggalan.

“Kami yakin, DPD PEKAT IB Kota Ambon akan menjadi barometer bagi daerah-daerah lain sebagai upaya memperkuat tali silaturahmi orang basudara, atau menjadi laboratorium antar umat beragama, dan akan terus memberikan yang terbaik untuk kepentingan kebersamaan masyarakat Kota Ambon,” ucapnya.

Turut hadir, Sekretaris DPW PEKAT IB Provinsi Maluku Mahfud Sahad, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Bapak Kombes Pol Raja Arthur L. Simamora (diwakili), Bapak Dr. Josef R. Pattiruhu selalu Dewan Pembina DPD PEKAT IB Kota Ambon, Sekretaris DPD PEKAT IB Kota Ambon, Bapak Ronyldo Tandikura, dan seluruh Organ Sayap DPD PEKAT IB Kota Ambon (Brigade dan Srikandi). (RIO)

  • Bagikan