UT Ambon Gelar Klinik Ujian

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.DAJAR.CO.ID — AMBON, — Universitas Terbuka (UT) Ambon menyelenggarakan Klinik Ujian kepada mahasiswa baru dalam rangka persiapan mahasiswa dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) secara luring dan daring pada tanggal 11-12 November 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh direktur UT Ambon Adrianto SE., MM., dalam sambutanya, dia menyampaikan bahwa harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mahasiswa UT Ambon memiliki kesiapan untuk mengikuti UAS yang akan diselenggarakan bulan depan, selain itu dengan diselenggarakan UAS dengan tiga modus (Tatap muka, Ujian online dan Take home exam) ini dapat memberikan kontribusi terbaik terhadap nilai akhir mahasiswa.

“Klinik Ujian merupakan salah satu layanan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa UT dalam memahami proses asesmen atau evaluasi hasil pembelajaran di UT baik yang dilaksanakan secara tatap muka, online dan modus lainnya,” ujar Adrianto dalam rilis yang diterima RakyatMaluku.fajar.co.id, di Ambon, Rabu (16/11/2022).

Dia melanjutkan, klinik ujian adalah bagian dalam rangkaian kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang terdiri dari Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ), Workshop Tugas (WT) dan Klinik Ujian (KU). Sehingga pelaksanan klinik ujian kali ini dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) mengingat mahasiswa UT tersebar diseluruh kepulauan Maluku.

“Terdiri dari lima materi yang diberikan kepada mahasiswa yaitu, Materi Pengantar umum tentang ujian yang menjelaskan penyelenggaran umum ujian akhir yang pada semester ini menggunakan tiga modus yaitu ujian tatap muka, ujian online dan take home exam (THE), materi pembuka ini sangat penting karena baru pada semester ini tiga modus ujian yang dipakai untuk UAS, Materi Bentuk-bentuk ujian, materi berisi contoh soal yang akan mahasiswa dapatkan pada UAS dengan tiga modus baru,” lanjutnya. 

Materi Pola kecemasan diri dan cara mengatasinya, dia menjelaskan lebih lanjut bahwa materi ini memberikan gambaran jenis kecemasan yang sering muncul saat ujian dan cara mengatasinya. 

“Sedangkan materi Strategi menempuh ujian dan Ujian online mata kuliah dan tugas akhir program membahas terkait persiapan apa saja yang perlu dilakukan oleh mahasiswa untuk mengikuti ujian serta pelaksanaan teknis Ujian online dan Tugas akhir program,” jelas dia.

Hadir juga pada kegiatan ini sebagai petugas monitoring dari UT Pusat yakni Diki, S.Si., M.Ed., Ph.D. yang merupakan salah seorang dosen di Fakultas Sains Teknologi, menyempatkan memberikan motivasi kepada para peserta untuk memanfaatkan sumberdaya dan fasilitas yang disediakan UT. 

Pada akhir kegiatan arahan penutup yang sampaikan oleh Kordinator Bahan Ajar dan Tutorial Wildoms Sahusilawane, S.E., M.Si., menyampaikan nasehat kepada mahasiswa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam persiapan ujian akhir semester yang akan dihadapi dalam waktu dekat.

“selain itu, pesan saya untuk mahasiswa agar dapat  mengakses layanan tutorial online dan Tugas Mata Kuliah (TMK) yang berkontribusi terhadap nilai akhir,” 

Kegiatan ini ditutup dengan foto Bersama narasumber, panitia, petugas monitoring dan peserta kegiatan klinik ujian.(SSL)

  • Bagikan