Olimpiade Sains Akan Digelar di Kota Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dalam rangka persiapan menuju Olimpiade Sains Nasional tahun 2023 ,Kota Ambon akan mengadakan kompetisi sains tingkat SD dan SMP pada tanggal 19 November 2022.

Koordinator Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) Jop Rumahmury menjelaskan, Maluku belum memperoleh prestasi ketika mengikuti Olimpiade Sains. Untuk itu, melalui LOPI, pihaknya serius bangun Maluku.

“Namun, SMA kurang serius, berbeda dengan SD dan SMP. Khusus untuk SD, saat ini ada tiga kecamatan yakni Sirimau, Baguala dan Leitisel yang mendaftar. Sedangkan, untuk SMP tidak terbaca melalui kecamatan,” katanya kepada wartawan, Senin, 14 November 2022.

Bagi SD, sudah ada 20 sekolah yang
mendaftarkan siswanya mengikuti Olimpiade Sains Matematika dan IPA. Total siswa yang didaftarkan sebanyak 67 dengan rincian untuk Matematika 23 siswa dan 44 siswa untuk IPA.

“Bagi peserta lomba yang berhasil memperoleh medali tingkat Provinsi Maluku akan diikutsertakan pada perlombaan Olimpiade Sains tingkat nasional,” ucapnya.

Di Maluku kata Rumahmury, LOPI telah ada sejak tahun 10 tahun lalu, namun tidak berkembang lantaran kurang mendapat perhatian.
Tapi, sejak beberapa tahun belakangan ini, baru sambutannya cukup bagus.

Rumahmury menjelaskan, menyosong perlombaan yang nantinya dilaksanakan tanggal 19 November 2022, LOPI telah mensosialisasikan kegiatan atau perlombaan ini ke sekolah-sekolah.

“Bahkan, LOPI juga telah menggelar pelatihan terhadap guru-guru SD, bertempat di salah satu hotel ternama di Kota Ambon selama 5 hari,” katanya.

Diakui, Olympiade Sains paling tepat diikuti anak sejak SD karena akan berjenjang. Dimulai dari SD lanjut SMP dan kemudian SMA.

“Minggu kemarin kita telah kunjungi SMA dan SMP di Kota Ambon serta Kota Masohi. Namun, sayangnya, belum ada respon yang baik, mungkin tahun depan. Kita serius garap Maluku,” katanya.

Hasil kompetisi sains akan memunculkan siswa terbaik dari masing-masing sekolah untuk dipersiapkan menghadapi OSN 2023.

“Harapan kita bersama tahun 2023 muncul siswa berprestasi dari Ambon meraih medali di OSN Nasional,” tandasnya. (AAN)

  • Bagikan