Raja dan Warga Negeri Hitulama Apresiasi Pj Bupati Malteng

  • Bagikan
  • Dari Launching Gerakan Sapa Umat Safari Bersih Lingkungan ‘Kalesang Negeri’

RAKYATMALUKU, AMBON, – Pemerintah Negeri Hitulama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah beserta masyarakatnya, mendukung program kerja Penjabat Bupati Malteng, Dr. Muhamat Marasabessy, SP., ST., M.Tech, bersamaan dengan dilaunchingnya Program ‘Gerakan Sapa Umat, Safari Bersih Lingkungan Kalesang Negeri’, yang berlangsung di Lapangan Upacara Kodim 1502 Masohi, Kamis, 3 November 2022.

Dukungan terhadap Program dengan tagline Kerja Cepat, Kerja Cerdas dan Kerja Profesional tersebut, disampaikan langsung oleh Raja Negeri Hitulama, S. Pelu, S.Sos, dengan menilai, program tersebut sangat tepat dan sesuai dengan kemajuan daerah di wilayah Maluku Tengah saat ini dan ke depannya.

Program dimaksud, menurut Pelu, dapat mendekatkan pimpinan dengan masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah Maluku Tengah, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga pelosok desa. “Patut diberikan apresiasi yang tinggi, karena untuk mengawali rutinitas pemerintahan yang baru, Bapak Pj Bupati Malteng lebih memprioritaskan kepekaan terhadap rakyat Maluku Tengah. Hal ini membuktikan bahwa betapa pedulinya pemimpin terhadap rakyatnya.”

Ia mengakui, seorang pemimpin yang terus berada dengan masyarakat, memiliki kepekaan dan jiwa besar, untuk melihat berbagai persoalan yang sedang terjadi di tengah masyarakat. “Setiap warga masyarakat merindukan pemimpin yang proaktif, apalagi turun langsung untuk menyapa masyarakat,” kagum Raja Negeri Hitulama.

Lebih jauh menurut Pelu, kebijakan Penjabat untuk menemui langsung masyarakat di perdesaan dengan cara membangun silaturahmi dan dialog tersebut, dapat membuka kran komunikasi yang selama ini tertutup dengan pemerintah. Hanya pemimpin yang berjiwa besar dan memiliki visi untuk mensejahterakan masyarakat saja, yang dapat melakukan hal tersebut, dan tekan Pelu, sosok tersebut kini dilaksanakan oleh Penjabat Bupati Malteng, Dr. Muhamat Marasabessy, SP., ST., M.Tech.

Cara dimaksud, dapat membuka dan mencairkan ruang komunikasi sosial antara masyarakat dengan pemerintah, untuk bersama-sama memajukan Maluku Tengah menjadi lebih baik di masa mendatang.

“Dengan adanya program ini, negeri-negeri atau desa-desa di Malteng kini berlomba-lomba untuk menggagas kegiatan. Harapannya, agar Bapak Pj. Bupati dapat berkunjung ke Negeri dimaksud.”

Hal penting lainnya, akui Raja, program ini dapat bermanfaat untuk menciptakan suasana kehidupan sosial di seantero Kabupaten Maluku Tengah, yang aman, damai dan sejahtera, yang ke depannya dapat diterapkan untuk seluruh wilayah di Maluku, atau bahkan Indonesia pada umumnya.

“Bagi kami, Gerakan Sapa Umat juga memiliki makna agar kerukunan dan keharmonisan hidup antar sesama warga dapat terjalin. Hal ini diwujudkan Bapak Pj. Bupati Maluku Tengah dengan melakukan kunjungan ke Kecamatan Pulau Haruku dalam rangka melaksanakan misi perdamaian antar warga Negeri Pelauw dan Kairuw. Suatu terobosan dan perlu mendapatkan dukungan semua pihak. Sebab, terobosan dan inovasi tersebut, merupakan bentuk kepedulian Bapak DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech selaku putra asli Maluku Tengah. Saya beserta segenap warga Negeri Hitulama memberikan apresiasi yang tinggi kepada beliau. Semoga Maluku Tengah ke depan lebih humanis, maju, aman dan damai, serta sejahtera.”

Mengakhiri dukungannya, Raja Negeri Hitulama, mengajak seluruh warga di Kabupaten Maluku Tengah untuk sama-sama memberikan dukungan kepada Penjabat Bupati Malteng, agar program yang kini dilaksanakan dapat berjalan, sesuai yang sudah direncanakan. “Bagi seluruh raja se-Kabupaten Maluku Tengah, saya mengimbau dukung Program Gerakan Sapa Umat dengan rencanakan kegiatan yang selaras visi Program Gerakan Sapa Umat, yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di negeri masing-masing.”

Negeri Hitulama Kecamatan Leihitu dalam waktu dekat akan menggalakan kegiatan “Pencanangan Pengelolaan Sampah” dalam rangka mendukung Program Gerakan Sapa Umat, Kalesang Negeri, tutup Pelu. (WHL)

  • Bagikan