IDI Ambon Gelar 2nd Gala Dinner, Ajang Silaturahmi Dokter

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Ambon menggelar 2nd Gala Dinner di Ballroom Santika Premiere Hotel Ambon, Sabtu 29, Oktober 2022.

Ketua IDI Cabang Ambon, dr. Hasni Arusad, MARS, dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakannya gala dinner kedua ini sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi antara sesama dokter.

“Dalam acara ini, kami juga memberikan bingkisan buat para dokter sepuh untuk ucapan terimakasih. Karena di usia sepuh, mereka masih terus mengabdi untuk rakyat, bahkan ada yang masih aktif praktek hingga saat ini,” katanya.

Menurut dr. Hasni, acara kali ini sangat jauh berbeda, karena dengan tema budaya etnik, masing-masing dokter memperkenalkan adat dari daerah asal dokter itu sendiri.

“Olehnya itu, meskipun tidak semua dokter hadir karena sementara bertugas di rumah sakit, bahkan ada pasien yang harus dilakukan kontrol tiap saat, namun sangat diharapkan agar kedepan kegiatan seperti ini terus digelar semakin bagus dan partisipasi dokter juga semakin bertambah,” harapnya.

Di tanya soal gebrakan kedepan, Hasni menjelaskan, IDI Kota Ambon sampai saat ini masih berfokus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih luas lagi.

“Jadi, beberapa kegiatan yang kami lakukan bukan hanya berpusat di Kota Ambon saja, melainkan juga di daerah perbatasan Kota Ambon, di situ kami melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Di kesempatan itu, Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-72 IDI Cabang Ambon, dr. Nurtakbirah Tuanaya, dalam laporannya mengatakan, acuan kegiatan ini termuat dalam surat edaran Pengurus Besar IDI No: 1408/PB/A.6-HUT IDI/IX/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan HUT IDI ke-72.

“Sumber dana rangkaian kegiatan HUT IDI dengan mengusung tema Berbakti Untuk Negeri Mengabdi Untuk Rakyat, Satu IDI Terus Maju, bersumber dari kas IDI Cabang Ambon dan juga para sponsor,” ucap Tuanaya.

“Dan rangkaian kegiatan IDI berlangsung selama Oktober 2022, di antaranya Workshop, khitanan masal, karnaval kesehatan, podcast ketua IDI dan puncaknya pada Gala Dinner kedua ini,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kes, berharap agar kedepannya IDI Cabang Ambon semakin solid dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkhusus masyarakat Kota Ambon.

“IDI memiliki peran dan tanggung jawab terhadap keberadaan dan pembinaan praktek kedokteran di Indonesia. Memasuki usia ke 72 tahun, peran dokter semakin dibutuhkan. Olehnya itu, IDI harus senantiasa menjaga upaya dan pelayanan dokter kepada masyarakat Indonesia,” harapnya. (SSL)

  • Bagikan