Mercy Barends Ajak Guru di Maluku Berpikir Kritis Hasilkan KTI Berkualitas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Mercy Chriesty Barends, ST, mengajak para guru SMP dan SMA di Provinsi Maluku untuk dapat menjadi masyarakat yang handal, berpikir kritis dan menghasilkan karya tulis ilmiah (KTI) yang berkualitas dengan menggunakan pendekatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Demikian kata Mercy saat membuka kegiatan Pelatihan Penyusunan KTI bagi guru SMP dan SMA se-Kecamatan Saparua pada 22 Oktober 2022, dilanjutkan bagi para guru SMP dan SMA se-Kecamatan Salahutu di The Natsepa Hotel, Senin, 24 Oktober 2022, dan bagi guru SMP dan SMA di Kota Ambon bertempat di Swisbel Hotel, Selasa, 25 Oktober 2022.

Menurut Mercy, dirinya juga akan terus menggagas berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para guru maupun siswa guna membangun kesadaran dan pemikiran kritis berbagai komponen yang berdampak terhadap kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga pelatihan yang berlangsung dua hari ini dapat dimanfaatkan maksimal oleh para guru untuk mengasah kemampuan. Selain itu, membentuk pola berpikir kritis, cerdas, sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi di masa mendatang,” katanya.

Selain itu, Mercy juga memotivasi para guru di Maluku untuk menjadi periset unggul melalui pelatihan penyusunan KTI yang digelar oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI ini. Sehingga ke depan para guru dapat berkompetisi dengan para peneliti lain di seluruh Indonesia.

Sebab, sangat diharapkan pelatihan ini dapat memberikan dampak besar bagi kemajuan sumber daya manusia (SDM) yang bukan saja untuk penguatan kapasitas dan kualitas pendidikan di Maluku, tetapi juga bisa memberikan kemanfaatan yang besar bagi sektor-sektor pembangunan yang lain.

“Para guru harus bisa membuat karya tulis ilmiah berkualitas yang hasilnya tidak kalah dengan yang lain. Yang terpenting, tidak hanya menulis karya ilmiah guna kepentingan sekolah, kenaikan pangkat dan golongan, atau mencari nilai kredit dan sertifikasi, tetapi juga harus berdampak besar bagi kemajuan pembangunan,” kata Mercy.

Dikatakan Mercy, riset yang dilakukan para guru dan dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah tidak terbatas pada pengembangan pendidikan, tetapi juga menyangkut masalah kesehatan, kelautan dan pesisir, hutan, dan juga kebudayaan daerah sekitar.

“Jadi, riset yang dilakukan di sekolah harus bisa memberikan dampak besar terhadap lingkungan di luar sekolah, berpengaruh terhadap kebijakan pembangunan daerah, maupun peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Dia juga mengajak para guru di Provinsi Maluku agar dapat melek teknologi terutama memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk mengakses dana abadi riset yang disediakan pemerintah melalui BRIN secara daring.

“Manfaatkan kemajuan teknologi dengan mengakses dana penelitian yang tersedia, sehingga tidak kalah dengan kelompok mahasiswa dan dosen dari perguruan tinggi serta komunitas lain di Maluku, yang memanfaatkannya untuk berbagai penelitian dan pengembangan diri setiap tahun,” ajaknya. (RIO)

  • Bagikan