UAS: Jadilah Abdullah dan Aminah

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ribuan masyarakat di Pulau Ambon menghadiri ceramah Ustad Prof. H. Abdul Somad, LC, MA, dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW), di Gedung Islamic Center Kota Ambon, Minggu, 16 Oktober 2022, malam.

Pantauan koran ini, meskipun turun hujan rintik, namun tidak membuat ratusan masyarakat yang rata-rata para lanjut usia (lansia) dan anak-anak muda lainnya, tetap duduk dan berdiri mengikuti acara maulid dan menyaksikan ceramah UAS, sapaan akrab Ustad Abdul Somad, melalui layar infocus dari luar gedung Islamic Center Ambon.

UAS dalam ceramahnya mengajak para orang tua supaya dapat meneladani atau manjadi seperti sosok Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab, agar dapat memiliki keturunan (anak) yang akhlaknya seperti Nabi Muhammad SAW.

“Menjadi seperti sosok orang tua Nabi Muhammad (Abdullah dan Aminah) karena mereka hamba Allah, bukan hamba harta yang sibuk cari uang sampai lupa keluarga, bukan hamba jabatan yang sibuk mengejar kekuasaan sampai lupa sujud menyembah Allah,” tuturnya.

UAS juga mengajak para anak muda dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW kepada orang tua atau orang yang lebih tua. Sebab, dengan membahagiakan kedua orang tua, maka akan mendapatkan ridho orang tua dan rahmat dari Allah SWT.

“Jadilah anak seperti Nabi Muhammad yang berakhlak atau berbakti kepada orang tua. Karena jika engkau dapat membahagiakan kedua orang tua mu, maka engkau juga akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, UAS juga mengajak umat Islam untuk terus bersedekah. Sebab amalan bersedekah tidak akan pernah putus dan pahalanya akan terus mengalir hingga manusia itu berada di liang kubur (wafat).

“Jenazah di dalam kubur ketika ditanya malaikat, apa yang akan kamu lakukan ketika diberi kesempatan untuk hidup satu menit lagi, maka jenazah itu menjawab saya ingin bersedakah. Sungguh hebatnya bersedekah. Maka itu, selagi kita semua masih hidup, mari perbanyak bersedekah,” ungkap UAS.

Di akhir ceramahnya, UAS mengaku kagum dengan masyakarat Maluku, khususnya masyakarat Kota Ambon yang begitu antusias memperingati dan menghadiri Maulid Nabi Muhammad di Islamic Center Ambon.

“Dengan terus perbanyak membaca sholawat dan memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, maka menunjukkan kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Dan semoga kita yang hadir di sini mendapat syafa’at dan menjadi orang-orang yang juga dicintai oleh Nabi Muhammad SAW, Amin,” katanya.

Sebelumnya di kesempatan itu, Ketua Yayasan Ar Rahmah Ambon, Al-Habib Rifqi Alhamid S.Kom, juga berdoa semoga dengan kedatangan Tuhan Guru UAS di Provinsi Maluku dalam rangka Safari Maulid Nabi Muhammad SAW, maka Allah SWT akan memberikan berkahnya kepada daerah dan khususnya kepada masyarakat Maluku.

“Sebelum di Kota Ambon, Tuan Guru UAS mengisi acara Maulid Nabi Muhammad di Kota Namlea Kabupaten Buru dan di Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Semoga, dengan kehadiran beliau (UAS), Allah memberikan berkahnya kepada Maluku, khususnya kabupaten kota yang didatangi Ustad Abdul Somad, Amin Ya Rabbal Alamin,” tutupnya. (RIO)

  • Bagikan