Pasca Banjir Gubernur Sulbar Minta Bantuan ke Pempus

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, MAMUJU, – Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengirimkan surat permohonan bantuan ke sejumlah kementerian untuk penanganan pasca bencana banjir bandang dan longsor yang melanda sejumlah wilayah di Sulbar.

“Recovery pasca bencana harus segera dilakukan. Perbaikan insfrastruktur dan sektor perekonomian masyarakat seperti perbaikan tambak ikan, mendesak dilakukan,” ujar Akmal Malik, Kamis 13 Oktober 2022

Secara rinci, Akmal Malik mengirimkan surat permohonan bantuan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Permohonan bantuan ini untuk penanganan kerusakan pada beberapa hal yang disebabkan oleh banjir bandang dan longsor.

Yakni, penanganan pada kerusakan akses jalan Kabupaten Mamuju-Majene dan ruas jalan Kabupaten Mamuju-Mamasa. Ada pula perbaikan akses landasan penerbangan pada Bandara Tampa Padang. Perbaikan kerusakan rumah warga, rumah ibadah dan bangunan sekolah.

“Perbaikan jembatan dan sistem drainase yang rusak karena banjir bandang dan longsor juga mendesak untuk dilakukan. Untuk teknis bantuannya sepenuhnya diserahkan ke kementerian terkait,” kata Akmal Malik.

Kemudian surat permohonan bantuan penanganan pasca bencana juga dikirimkan ke Kementerian Sosial (Kemensos) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Permohonan bantuan ke KKP untuk perbaikan lahan tambak ikan dan lahan tambak udang milik masyarakat. Kemudian permohonan bantuan untuk perbaikan akses dan bangunan pada dermaga pelabuhan dan Tempat Pelelangan Ikan.

“Sedangkan permohonan bantuan ke Kementerian Sosial itu untuk perbaikan sarana dan prasarana rumah ibadah yang mengalami kerusakan karena banjir bandang dan longsor,” terang Akmal Malik yang juga Dirjen Otda Kemendagri ini.

Selain berupaya menyiapkan langkah-langkah penanganan pasca bencana, saat ini Pemprov Sulbar juga terus memastikan kalau kebutuhan para korban bencana di wilayah Sulbar bisa terpenuhi. Selain itu mengkoordinasikan bantuan untuk warga tersalur dengan tepat dan efektif. (*)

Berita ini telah dimuat pada sulbarexpress.fajar.co.id dengan judul Recovery Pasca Banjir, Gubernur Sulbar Minta Bantuan Pemerintah Pusat

  • Bagikan