Koalisi Ormas Gelar Bersih Pantai Teluk Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Koalisi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menggelar Sosialisasi Kebersihan Lingkungan dan Penanaman Mangrove di Kota Ambon, dengan mengusung tema “Mari Katong Perangi Sampah, Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi, Kalau Bukan Katong Sapa Lae”, di Pantai Rumah Tiga dan Poka Kecamatan Teluk Ambon, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Koalis Ormas itu terdiri dari DPP Ikatan Masyarakat Nelayan Maluku (IKMANEMA), DPW Pemuda LIRA Maluku, DPW PEKAT IB Maluku, DPD BKPRMI Pulau Ambon, MASIKA ICMI Maluku, HMPM-M Maluku, IPMA Nusa Toko Maluku, GARDA, MABAR dan RBK.

Pantauan media ini, selain beberapa anggota ormas, juga hadir para siswa dan siswi dari SMP Negeri 7 Ambon di titik kumpul Pantai Zipur Rumah Tiga sekitar pukul 07.15 Wit. Mereka langsung membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang bibir pantai maupun yang terapung.

Ketua IKMANEMA, Burhanudin Rumbouw, mengatakan, persoalan sampah menjadi masalah yang cukup serius yang dihadapi oleh masyarakat maupun unsur pemerintah saat ini. Olehnya itu, sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan program pembersihan lingkungan pantai.

“Sosialisasi ini merupakan program perdana IKMANEMA dan LIRA Maluku. Sehingga kami berupaya agar program ini dapat menjadi agenda berkelanjutan. Dan kami juga akan berkolaborasi untuk melakukan penanaman mangrove kedepannya,” katanya.

Di kesempatan itu, Ketua DPW Pemuda LIRA Maluku, Arjun Bolla, mengatakan, untuk agenda penanaman mangrove belum bisa dilakukan lantaran ketersediaan bibit belum ada.

“Jadi hari ini kita hanya bersih-bersih pantai saja, sementara agenda penanaman mangrove kita tunda karena belum ada bibit,” tuturnya.

Dia menjelaskan, Sosialisasi Kebersihan Lingkungan dan Penanaman Mangrove di Kota Ambon, dilakukan bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Sehingga, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, dan mulai untuk melakukan penghijauan di Kota Ambon.

“Kami rasa membangun kesadaran masyarakat adalah kunci untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Dan sebagai organisasi kemasyarakatan, program ini menjadi prioritas untuk mewujudkan perubahan, khusunya perubahan lingkungan menjadi lebih baik dan nyaman,” harap Arjun. (SSL)

  • Bagikan