Hendrik Lewerissa Disebut Maju Pilgub

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Figur-figur yang disebut bakal bertarung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terus bermunculan.

Selain duo jenderal; Murad Ismail, dan Jeffry A Rahawarin, serta Febry Calvin Tetelepta, kini muncul nama politisi Gerindra, Hendrik Lewerissa.

Anggota DPR RI dari Dapil Maluku itu disebut bakal bertarung dalam pilgub
pasca Partai Gerindra mendeklarasikan ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai calon Presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bahkan, tim pemenangan Ketua DPD Partai Gerindra Maluku itu sudah dibentuk untuk bekerja secara silent.

“Pak Hendrik pasti maju gubernur, timnya kan sudah dibentuk dan sementara bekerja. Kalau beliau katakan belum berpikir untuk maju, itu bahasa politik saja,” tutur orang dekat Hendrik yang meminta namanya dirahasiakan, kepada koran ini di Ambon, Selasa, 27 September 2022.

Dia menjelaskan, jika Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, terpilih sebagai Presiden dalam Pilpres yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang, maka hal tersebut akan memperkuat orang kepercayaannya di Maluku, dalam hal ini Hendrik Lewerissa, untuk menang di Pilgub Maluku yang akan digelar pada 27 November di tahun yang sama.

“Percaya saya, jika Pak Prabowo jadi Presiden, maka Pak Hendrik akan jadi Gubernur di Maluku. Apalagi, kita semua tahu sendiri bagaimana loyalitas Pak Hendrik kepada Pak Prabowo, yang sudah berjalan bertahun-tahun lamanya,” ungkap sumber itu.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik yang juga Direktur Lembaga Parameter Research Consultant, Edison Lapalelo, mengungkapkan bahwa sosok Hendrik Lewerissa memiliki kapasitas yang cukup baik untuk berlaga dalam Pilgub 2024 mendatang.

“Jika dilihat dari kapasitasnya, saya kira beliau layak untuk maju menjadi calon Gubernur Maluku,” akui Edison, saat dikonfirmasi koran ini via selulernya, Selasa, 27 September 2022.

Selain mempersiapkan diri untuk maju pada Pilgub Maluku 2024, lanjut Edison, Hendrik juga harus bisa memastikan Partai Gerindra memiliki jumlah kursi yang cukup di parlemen, serta melihat peluang koalisi partainya di pusat. Hal ini untuk kepentingan penentuan calon wakil yang akan mendampingi Hendrik di Pilgub Maluku 2024 nanti.

“Penentuan calon wakil yang cocok berpasangan dengan Pak Hendrik juga harus memperhatikan aspek itu (mitra partai). Karena keputusan tertinggi untuk memberikan rekomendasi berada pada pimpinan tertinggi partai di pusat,” sarannya.

Atas pertimbangan aspek koalisi secara nasional serta memperhatikan elektoral pasangan calon, Edison menilai bahwa pasangan calon wakil yang cocok mendampingi Hendrik Lewerissa di Pilgub Maluku adalah Sa’adiah Uluputty, Anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Jika dilihat dari progres kerja menjadi wakil rakyat yang selama ini telah memperjuangkan hak-hak orang Maluku di parlemen pusat, maka saya melihat adanya keserasian antara kedua sosok itu,” tuturnya.

Edison mengakui kedua sosok tersebut akan menjadi pasangan yang elegan dan ideal jika dipasangkan dalam Pilgub Maluku 2024 mendatang.

“Saya mengira dengan spesifikasi dan integritas masing masing personil mampu membawa terbosan baru bagi Maluku kedepannya,” pungkas dia. (RIO- SSL)

  • Bagikan