Tingkatkan Produktivitas Kelompok Pengasapan Ikan, Unidar Ambon Gelar Pengabdian Masyarakat di Dusun Pakarena SBB

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — SBB, — Dalam rangka melakukan Tri Darma Pendidikan Tinggi, Tim Pengabdi Universitas Darussalam (Unidar) Ambon yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, melakukan pengabdian masyarakat di Dusun Pakarena, Desa Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Ketua Tim Pengabdi Unidar Ambon, Ir. Rapiah Sarfa Marasabessy, MT., IPM, mengatakan, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait sikap kerja ergonomic, strategi pemasaran, dan pengelolaan keuangan.

“Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan, dengan penyuluh terdiri dari ketua tim serta anggota tim Agung K henaulu dan Yudhy Muhtar Latuconsina,” kata Marasabessy, dalam rilis yang diterima rakyatmaluku.fajar.co.id di Ambon, Kamis, 22 September 2022.

Dia menjelaskan, pada kesempatan itu, tim pengabdian masyarakat memberikan bantuan berupa satu unit rumah pengasapan yang terbuat dari beton dengan kapasitas pengasaran yang lebih besar dari sebelumnya.

Rumah pengasapan ini, lanjut Rapiah, didesain dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip ergonomic, sehingga membuat para pengasar ikan dapat terhindar dari asap panas dan mengurangi temperature ruang pengsapan.

“Maka itu diharapkan dapat mengurangi berbagai keluhan para pengasar ikan seperti sesak nafas, nyeri pada mata dan pinggang, sehingga dapat meningkatkan kesehatan, ekonomi dan produktifitas mereka,” jelas Marasabessy.

Dikatakannya, bantuan rumah pengasapan karena lebih besar, kokoh, dan memiliki sirkulasi udara yang baik, berbeda dengan rumah pengasapan mereka sebelumnya yang terbuat dari bambu, kapasitas sedikit, dengan sirkulasi udara yang buruk.

“Sehingga banyak asap panas terkumpul dan menyebabkan batuk nyeri pada mata serta rasa pusing karena temperature yang sangat panas,” tuturnya.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan ini, kata Marasabessy, merupakan kegiatan yang didanai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi lewat Hibah Pengabdian Masyarakat Tahun Anggaran 2022.

“Olehnya itu, kegiatan ini tidak sampai disini saja, namun akan dilakukan pendampingan serta rencananya kami akan menjadikan Dusun Pakarena sebagai dusun binaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh pihak Unidar Ambon,” tutup Marasabessy.

Di kesempatan itu, Ketua Kelompok Pengasapan Ikan, Ny. Nafsiah Ohorella, mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdi Unidar Ambon, dan menyatakan rasa senang karena mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat. (RIO)

  • Bagikan