Demokrat Buka Pendaftaran Bacaleg

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat┬áProvinsi Maluku secara resmi membuka pendaftaran bakal calon (balon) anggota legislatif (Aleg) untuk Pemilu 2024, bertempat di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Jalan Ina Tuni No 07, Karpan, Kota Ambon, akhir pekan.

Lounching Serentak bakal calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota pada Pemilu Legislatif Tahun 2024, yang dibuka sampai dengan 16 Desember 2022, ini telah menjaring dua bakal calon untuk maju bertarung merebut kursi di DPRD Maluku.

Yakni, Frans Leuhery, ST, yang maju dari dapil 3 (Kabupaten Maluku Tengah) dan Una Farida Umasugi, S.Sos.I, yang maju dari Dapil 2 (Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan) dan merupakan Anggota DPRD Provinsi Maluku Periode 2014-2019 dari Partai PAN.

Berkas pendaftaran dari dua bakal calon tersebut diterima langsung oleh Wakil Ketua I Bappilu DPD Partai Demokrat Maluku, Richard Jambormias dan Wakil Ketua II Bappilu DPD Partai Demokrat Maluku, Morliano I de Queljo.

“Peluncuran pendaftaran dilakukan secara resmi oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Rapimnas Partai Demokrat di Jakarta hari ini, dan dilakukan secara serentak oleh DPD dan DPT Partai Demokrat di seluruh Indonesia,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Etwen Roy Pattiasina, kepada wartawan.

Dia menjelaskan, pendaftaran caleg ini terbuka untuk umum, tidak hanya untuk kader Partai Demokrat, tetapi bagi semua putera-puteri terbaik di Bumi Raja-Raja yang berminat dan mau berjuang bersama menjadi calon anggota legislatif melalui Partai Demokrat.

“Kami membuka pintu selebar-lebarnya dan mempersilakan tokoh-tokoh dari berbagai eleman masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon anggota tegistatif dari Partai Demokrat pada gelaran Pemilu tahun 2024,” jelas Pattiasina.

Dia memastikan bahwa DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku akan memberikan penilaian yang obyektif terhadap sosok calon wakil rakyat yang mendaftar ke Partai Demokrat, karena kita ingin mendorong dan menghasilkan calon-calon anggota legislatif yang mampu mengemban amanah sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan Perubahan dan Perbaikan dalam tiga aspek utama.

Yakni, ekonomi dan kesejahteraan rakyat, demokrasi dan kebebasan sipil, serta keadilan dan penegakan hukum, sebagaimana ditekankan AHY sebagai ketua umum pada Rapimnas yang digelar Kamis, 15 September 2022, kemarin.

“Ini narasi besar Partai Demokrat menuju pemenangan Pemilu tahun 2024,” tandas Pattiasina.

Sementara itu, Kepala Bappilu DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Nus Ukru, mengatakan, syarat-syarat pendaftaran dapat diperoleh para pendaftar langsung di tempat pendaftaran di kantor DPD dan di semua kantor DPC Partai Demokrat.

“Setelah penutupan pendaftaran, selanjutnya DPD Partai Demokrat akan melakukan proses seleksi dengan mengacu pada kriteria calon legislatif yang diharapkan untuk mewujudkan Perubahan dan Perbaikan secara nasional sampai ke daerah-daerah di seluruh Indonesia,” terang Nus.

Ditambahkan Nus, sesuai arahan Ketum AHY, setiap bakal calon harus mampu menyuarakan aspirasi, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat

“Apalagi dalam nuansa hari ini, kita punya jeritan masyarakat terkait ekonomi yang kuat, jadi kita sangat mengharapkan untuk kedepan seluruh bakal calon mampu menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai dengan arahan Ketum AHY,” imbaunya.

“Dan yang paling penting adalah linear untuk bagaimana menyuarakan elektabilitas dan mendukung AHY dalam konstalasi pemilihan Presiden RI. Karena konsep kita di Partai Demokrat harus menang dalam pemilihan presiden,” tambahnya. (RIO)

  • Bagikan