Kapolda Harap Polwan Tetap Tegas Namun Penuh Kelembutan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebagai aparat penegak hukum, yang juga pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Polwan diharapkan dalam menjalankan tugas tetap tegas namun penuh dengan kelembutan.

Hal itu disampaikan Kapolda Maluku
Irjen Pol Lotharia Latif, saat menghadiri syukuran Hari Ulang Tahun ke-74 Polwan di Loby Lantai 2 Markas Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Kamis, 8 September 2022.

Menurut Kapolda, eksistensi polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan transformasi institusi Polri yang Presisi di tengah kompleksitas tantangan tugas saat ini.

Selain itu, kata dia, Polwan juga dituntut harus mampu memberikan kontribusi yang sama besarnya dalam pelaksanaan tugas, baik selaku aparat penegak hukum maupun sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Di sisi lain, tambah Kapolda, kodrat sebagai wanita kadangkala membatasi ruang gerak Polwan. Namun harus diakui bahwa ada beberapa tugas Polri yang lebih cocok dilakukan oleh Polwan karena memiliki sensitivitas yang tinggi serta membutuhkan pendekatan-pendekatan yang lebih soft secara psikologi.

“Seperti penanganan masalah perlindungan perempuan dan anak (PPA) kenakalan remaja, kekerasan dalam rumah tangga dan lain-lain,” kata dia.

Sejalan dengan hal tersebut, Irjen Latif mengaku Polwan juga punya kesempatan yang seimbang untuk mengikuti pendidikan pengembangan. Polwan juga dapat menduduki jabatan operasional seperti Wakapolres maupun Kapolsek yang saat ini dijabat Polwan Polda Maluku.

“Perlu saya ingatkan kembali kepada personel Polwan Polda Maluku yang telah berkeluarga, bahwa karena tuntutan tugas dan peran ganda Polwan yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka Polwan haruslah bijak dalam mengatur waktu sehingga antara keluarga dan kedinasan tetap berjalan,” harapnya.

Ia juga berharap kepada Perwira Koordinator (Pakor) Polwan dan para senior Polwan dapat memberikan pembinaan, terutama dalam hal mental dan perilaku sebagai seorang wanita.

“Harapannya ke depan personel Polwan Polda Maluku dapat lebih berkarakter, baik dalam berperilaku maupun bertutur kata serta lebih beretika, tegas namun penuh kelembutan dan juga memiliki integritas yang tinggi dalam tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat maupun sebagai seorang wanita,” pintanya.

Untuk diketahui, dalam acara syukuran Kapolda Maluku dan Ibu Asuh Polwan Polda Maluku memberikan potongan nasi tumpeng pertama kepada Polwan yang berprestasi yaitu Aipda Orpha Jambormias. Ia berhasil mengungkap kasus Tindak Pidana Pencabulan dan Pemerkosaan terhadap 5 orang anak dan 2 orang cucunya yang masih di bawah umur. Potongan tumpeng juga diberikan kepada Bripda Putri Maruapey, Polwan termuda di Polda Maluku. (AAN)

  • Bagikan