2.576 Personel Gabungan Amankan Jokowi di KKT

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, —Hari ini, Kamis, 1 September 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Kepulauan Tanimbar, Maluku.
Kunjungi kerja (kunker)

Selama Jokowi di sana, mendapat pengamanan yang eksrta ketat darti personel TNI-Polri, juga pemerintah daerah.
Terlepas dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ada 2.576 prajurit dari TNI, Polri dan Pemda siap mengawal orang nomor satu di Indonesia ini.

“Total pasukan 2.576, karena ada dua titik yakni Kota Ambon dan KKT. Kalau di KKT itu 1.614 orang,” ungkap Komandan Penugasan dan Satgas Pamwil PAM VVIP Brigjen TNI Muhamad Muhidudin, Rabu, 31 Agustus 2022.

Secara terpadu pengamanan Presiden dan ibu Negara ini akan dipimpin, serta dikendalikan oleh Paspampres. Sementara dari kewilayahan menyiapkan pasukan baik yang bersenjata maupun tidak bersenjata.

“Untuk lokasi kunjungan ada di lokasi Pasar Ngrimase, Olilit sebagai pusat aktivitas ekonomi masyarakat. Selain itu juga ada beberapa titik lokasi yang menjadi titik kunjungan,” tandasnya.

Sementara itu,
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, menekankan kepada prajurit agar dalam pelaksanaan tugas di lapangan agar semua pihak yang terlibat dapat menjaga kekompakan dan soliditas, menjalin komunikasi yang baik dengan unsur terkait sesama aparat keamanan lainnya secara harmonis dan terpadu.

“Pedomani protap- protap penyelenggaraan pengamanan VVIP, hindari resiko sekecil apapun. Ambil tindakan tegas sesuai prosedur terhadap pihak- pihak tertentu yang nyata- nyata mengganggu stabilitas keamanan dan keselamatan obyek pengamanan VVIP,” kata dia saat apel pasukan di Mako Yonif 734/SNS di Saumlaki, Rabu, 31 Agustus 2022.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, mengimbau masyarakat untuk suka cita bersama menyambut kedatangan Presiden di bumi para Raja-raja ini.

“Mari kita sambut Presiden Jokowi dengan suka cita. Kita tunjukkan keramah tamahan rakyat Maluku sebagai tuan rumah kepada bapak Presiden dan rombongan yang akan mengunjungi Saumlaki,” pintanya.

Kunjungan Presiden, kata Kapolda harus menjadi momen yang sangat membanggakan bagi rakyat Maluku.

“Kunjungan bapak Presiden harus kita syukuri, dan semoga membawa berkah, manfaat bagi masyarakat dan pembangunan di Maluku,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa TNI dan Polri siap mengamankan semua rangkaian kegiatan Presiden Jokowi beserta rombongan di Saumlaki.

“Kami TNI dan Polri bersama Pemprov Maluku dan Pemkab Tanimbar beserta semua tokoh masyarakat siap mengamankan semua rangkaian kegiatan kunjungan kerja bapak Presiden Jokowi dan romobongan di Saumlaki,” katanya. (AAN)

  • Bagikan