Ke Tanimbar, Ini yang Dikunjungi Presiden Jokowi

  • Bagikan
RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID -- AMBON, -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan, rencananya bakal melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Maluku, tepatnya di Ibukota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) pada Kamis-Jumat, 1-2 September 2022, mendatang.

Informasi itu diketahui dari hasil rapat koordinasi (Rakor) kesiapan kunker Presiden RI di Provinsi Maluku, yang dipimpin Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budianto, diikuti Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Maluku, Semmy Huwae, dan Penjabat Bupati KKT, Daniel E. Indey, melalui vicon dari lantai II Kantor Gubernur Maluku, Kamis, 25 Agustus 2022.

Dari rundown kunker RI 1 yang didapat media ini bahwa pada Kamis, 1 September 2022, pukul 15.00 Wit, Presiden RI dan Ibu berserta rombongan take off dari Bandara Timika menuju Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki dengan menggunakan Pesawat ATR 72500.

Sampai di Kota Saumlaki, Presiden RI dan Ibu berserta rombongan langsung menuju Vila Bukit Indah untuk beristirahat (bermalam). Keesokan harinya, Jumat, 2 September 2022, sekitar pukul 08.00 Wit, Presiden RI dan Ibu berserta rombongan meninjau sejumlah tempat di Saumlaki.

Di antaranya, Pasar Olilit, kawasan MTQ Saumlaki, kawasan Optimalisasi SPAM Wonmorelin dan kawasan Rusun ASN Pemerintah Daerah (Pemda) KKT.

Setelah itu, Presiden RI Jokowi dan rombongan menuju Masjid Baiturahman Saumlaki untuk melaksanakan Shalat Jumat.

Sekitar pukul 14.30 Wit, Presiden RI dan Ibu berserta rombongan ke Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki untuk melanjutkan penerbangan menuju Bandara Radin Inten II Kabupaten Lampung Selatan, namun transit di Bandara Pattimura Ambon dengan menggunakan Pesawat ATR 72500.

Penjabat Sekretaris Daerah (Setda) Maluku, Sadali Le, yang dikonfirmasi via selulernya, Jumat, 26 Agustus 2022, membenarkan informasi kunker Presiden RI dan Ibu berserta rombongan di Ibukota Saumlaki, KKT.

“Ia benar, dalam rapat kemarin dipastikan Bapak Presiden dari Timika akan berkunjung ke Saumlaki tanggal satu dan dua. Nanti pulangnya tanggal dua hanya transit sebentar saja di Ambon,” akuinya.

Soal agenda kunker Presiden RI dan Ibu berserta rombongan selama berada di Kota Saumlaki, Sadali mengaku tidak mengetahuinya secara pasti. Namun Ia mengakui terdapat beberapa lokasi di Saumlaki yang bakal dikunjungi Presiden.

“Detailnya saya tidak tahu karena itu agenda Presiden. Tapi memang ada beberapa lokasi yang akan beliau (Presiden) kunjungi. Untuk lebih jelasnya silahkan cek ke Karo Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Maluku yang kemarin ikut rapat,” tutur Sadali. (RIO)

  • Bagikan