14 Tahun, Rakyat Maluku Terus Optimis Berkembang

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Era Digitalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi bukan sebuah penghambat bagi perekembangan media massa, terutama media cetak, jika banyak inovasi yang dilakukan dan penyesuaian perkembangan jaman.

Demikian penegasan Direktur Utama PT Radar Ambon, penerbit Harian Rakyat Maluku, Syaikhan Azzuhry Rumra saat syukuran HUT ke-14 media politik ini di kantornya, Jalan Pantai Mardika, Pertokoan Mardika Ambon, Senin 8 Agustus 2022, dan berlangsung dengan susasana kekeluargaan.


“Dia tahun ini, Rakyat Maluku berada di masa yang sulit karena pandemi Covid-10, tapi kita tetap selalu optimis hadapi masa yang akan datang, karena kita di Harian Rakyat Maluku selalu tumbuh bersama dalam bersama,” tegas Syaikhan.

Dikatakan seiring perkembangan jaman, saat ini Harian Rakyat Maluku selain hadir sebagai media cetak, juga sudah berkembang dengan hadirnya media online, dan kedepan tentunya akan juga optimis menghadirkan TV Digital Rakyat Maluku.

“Tentunya ini semua bisa terwujud dengan komitmen kita bersama seluruh teman-teman di Harian Rakyat Maluku,” tandas Syaikhan.

Ia menambahkan, kemajuan media tidak hanya terhantung pada satu orang saja, namun karena kerja keras bersama tim.

Karena itu, Pimpinan Redaksi Harian Rakyat Maluku ini menyampaikan terima kasihnya kepada semua bagian di kantor Harian Rakyat Maluku, mulai dari bagian pemasaran, promosi, podkast, redaksi, keuangan juga media online yang sudah menunjukan kerja-kerja positif demi kemajuan media ini.
Sebagai penghormatan dan penghargaan Syaikhan bahkan menyebutkan satu persatu nama-nama persolen di kantor harian Rakyat Maluku. Bahkan di akhir acara, setelah meniup lilin pada kue HUT, dia berkesempatan memotong kue dan membagikannya ke karyawan sebagai ungkapan terima kasih.
Sementarara itu, Komisaris Utama PT Radar Ambon, Drs. Ahmad Ibrahim mengaku bersyukur, Harian Rakyat Maluku saat ini sudah berusia 14 tahun.

“Ini karena kerja keras semua personel Harian Rakyat Maluku sehingga bisa berada di usia 14 tahun. Ini menunjukan upaya, keseriusan seluruh teman-teman, khususnya di Harian Rakyat Maluku yang sudah memberikan yang terbaik bagi media ini,” tandas Ahmad Ibrahim.

Usai 14 tahun bagi sebuah media, menurutnya adalah sebuah usia dan prestasi yang membanggakan, apalagi ditengah kesulitan dan lesunya perekonomian, pasca Covid-19.

“Inti dari semua ini tentunya harus kerja keras dan kerjasama adalah poin yang paling utama. Dua tahun Covid-19 telah kita lalui dan saat ini kita memasuki waktu transisi, kita harus makiin kompak dan tetap bersama,” ujar Ahmad Ibrahim.

Perkembangan Harian Rakyat Maluku di usia 14 tahun, menurutnya makin menujukan kemajan, dengan kolaborasi antara media cetak dan online. Tapi tentunya reputasi dan kualitas harus tetap di pertahankan.
“Kualitas berita harus bernilai dengan mengkonfirmasi narasumber. Etika jurnalis harus di jaga agar nama baik dan nama koran ini tetap terjaga,” tandas mantan Pimpinan Redaksi dan Direktur Harian Rakyat Maluku ini.

Sementara itu, Direktur Utama Ambon Ekspres, Nasri Dumula, pada kesempatan tersebut juga mengatakan usia 14 tahun bagi sebuah media adalah usia remaja, dan tentunya pola pikir harus lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya.

“Covid-19 selama dua tahun terakhir adalah ujian berat bagi kita di media, dan semua telah dilewati. Tapi sekarang kita kembali memasuki masa sulit lainnya karena pergerakan ekonomi yang melambat. Tapi kita harus yakin, koran masih dibutuhkan untuk dibaca, dan kita harus mengoreksi apakah koran kita sudah layak di baca atau tidak,” ungkap Nasri.

Dikatakan di tahun 2024, masih banyak peluang ke depan dan menjadi kekuatan besar untuk membangun bersama agar Fajar Group di Maluku tidak dipandang sebelah mata.

“Kita harus duduk bersama membahas kepentingan bersama menyatukan persepsi menjemput peluang yang ada,” tegas Nasri.

Untuk diketahui, Syukuran HUT ke 14 Rakyat Maluku ini juga dihadiri Fajar Group di Maluku yakni Harian Ambon Ekspres, Harian Berita Kota Ambon, Ameks FM serta media online yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

Selain hadirKomisaris Harian Rakyat Maluku H. Ahmad Ibrahim, Direktur Harian Ambon Ekspres, Nasri Dumula beserta staf dan jajarannya, ikut pula Wakil Direktur Harian Berita Kota Ambon, Rohim, bersama sejumlah jurnalis di masing-masing media. (NAM)

  • Bagikan