Hehanussa Fasilitasi Bantuan Bronjong untuk Warga Kamariang

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku asal Partai Gerindra Daerah Pemilihan V Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), M. Hatta Hehanussa, terus memberikan gebrakan dukungan kepada masyarakat untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi. Salah satunya, terkait dampak bencana alam yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kali ini, lewat dukungan Politisi Partai Gerindra Proivnsi Maluku ini, warga Negeri Kamariang, Kabupaten Seram Bagian Barat mendapatkan bantuan 150 bronjong lewat Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku untuk penanganan dampak bencana yang terjadi di negeri tersebut.

Bronjong tersebut disalurkan atas persetujuan Kapala BWS Maluku, Marva Ranla Ibnu, yang diterima langsung Kaur Negeri Kamariang, Renol Sahetapy di Kantor BWS Maluku, Senin, 1 Agustus 2022.

Atas nama Pemerintah Negeri Kamariang, Kecamatan Kairatu, Kab. SB, Renol Sahetapy mengaku, bangga dan bahagia atas bantuan yang mereka terima dari BSW Maluku, yang merupakan dukungan dari wakil rakyat mereka, M. Hatta Hehanussa.

“Kalau kita melihat beliau (Hatta) sebagai perwakilan di DPRD Maluku, sangat antusias dan respon terhadap fenomena alam yang terjadi akhir-akhir ini di Maluku, salah satunya di SBB,” bangga Sahetapy.

Ia mengaku, bantuan ini dapat diterima dengan cepat, karena ada dukungan dari wakil mereka di DPRD Maluku, yakni putra SBB, M. Hatta Hehanussa. Sehingga itu, dirinya atas nama pemerintah negeri, sangat berterima kasih kepada Hehanussa yang sudah memperjuangkan kebutuhan mereka, terkhusus bantuan bronjong tersebut.

“Bantuan ini membuktikan bahwa masih ada anggota DPRD yang bisa melihat langsung nasib rakyat akibat dampak bancana. Beliau mampu menjembatani persoalan yang kami hadapi sebagai masyarakat, sehingga bantuan ini dapat disalurkan dengan waktu yang begitu cepat,” kagum Sahetapy.

Selain presure kepada BSW Maluku untuk percepatan penyaluran bantuan bronjong tersebut, Hehanussa juga menyalurkan bantuan seribu karung plastik kepada warga di sejumlah titik pada wilayah SBB, untuk dilakukan tanggap darurat mandiri oleh masyarakat. Langkah ini diambil Hatta, dalam membantu warga untuk mengantisipasi resiko bencana yang lebih besar.

Di tengah penyaluran bantuan tersebut, Hehanussa juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga di Kampung Kolam, Desa Kamal, yang terdampak bencana akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah tersebut. Meski tak seberapa, bantuan tersebut sekiranya dapat meringankan beban kebutuhan yang dihadapi warga terdampak bencana.

M. Hatta Hehanussa secara terpisah kepada wartawan menjelaskan, bantuan tersebut disalurkan langsung oleh BSW Maluku dengan melihat riil kondisi di lapangan. Setelah melalui koordinasi, pihak BSW kemudian menyalurkan bantuan untuk mencegah aliran sungai, agar tidak terjadi bencana di daerah tersebut.

Hehanussa mengakui, hasil pantauan di lapangan, bencana banjir dan longsor melanda sejumlah daerah di Maluku, termasuk wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat. Hal ini, lanjut Hehanussa, tidak dapat dilihat begitu saja, tapi harus segera diantisipasi pencegahannya dengan mengambil langkah kebijakan yang arif dan bijak, sesuai kebutuhan di lapangan dan kondisi keuangan daerah.

Ia berterima kasih kepada BWS Maluku yang cepat dan tanggap dalam melihat persoalan bencana yang melanda masyarakat di daerah ini, terutama untuk warga di SBB. Hehanussa juga meminta kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap tingginya curah hujan yang melanda wilayah Maluku, termasuk warga di SBB, agar terhindar dari bencana.

“Siapapun kita tidak menghendaki adanya bencana di daerahnya. Namun, sebagai manusia kita harus tetap waspada. Kita ikhtiar dengan melakukan pencegahan secara dini. Saling mengingatkan dan menghindari daerah bantaran sungai serta bebuktikan yang rawan longsor, dan sebagainya,” pesan Hehanussa, sembari berharap, agar masyarakat sama-sama membantu pemerintah untuk melaporkan setiap kejadian yang terjadi di wilayahnya, sebagai langkah tanggap secara dini. (WHL)

  • Bagikan