Sebagian Jamaah Haji Dipulangkan Lebih Awal

  • Bagikan
Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (17/9). Menurut data Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH), Embarkasi Boyolali telah memberangkatkan 26.482 jamaah calon haji yang terbagi dalam 75 kloter dari daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ke Tanah Suci Mekkah melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali. ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho/NZ/15.

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bila tak ada aral melintang, Gubernur Maluku Murad Ismail direncanakan bersama Forkopimda Maluku menjemput kepulangan jamaah haji asal Maluku di Bandara Pattimura Ambon, pada 7 Agustus 2022.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, mengatakan, pada tangga; 27 Juli, seluruh jamaah haji telah melaksanakan Shalat Arbain di Masjid Nabawi, Kota Madina. Selanjutnya pada Agustus jamaah haji segera diterbangkan kembali ke Tanah Air. Jamaah haji Maluku diterbangkan dari Bandara di Madina menuju Kota Makassar. Penerbangan pertama diawali Kloter 9. Nantinya panitia provinsi melakukan penjemputan disana. Jamaah haji Kloter 9 diinapkan semalam. “Sementara Kloter 10 baru tiba di Makassar pada pukul 04.00 WITA, 7 Agustus, selanjutnya langsung diterbangkan ke Bandara Pattimura,” ungkap Kakanwil kepada Rakyat Maluku, Rabu kemarin.

Kakanwil mengungkapkan, saat ini kondisi 496 jamaah haji Maluku dalam keadaan baik. Hanya beberapa dari jamaah haji harus dipulangkan lebih awal karena alasan kondisi kesehatan. “Mereka ditanazulkan, karena kondisi kesehatan. Kita akan koordinasi untuk melihat shit kosong pada kloter lain sehingga mereka diterbangkan lebih awal ke tanah Air,” ungkap Yamin.

Ia menambahkan, jamaah haji Maluku, akan diterbangkan dari Kota Makassar ke Ambon menggunakan maskapai Lion Air. “Kita juga berkoordinasi termasuk dengan angkasa pura untuk merampungkan proses penjemputan kepulangan itu, ” tutup Yamin. (CIK)

  • Bagikan