Kapolsek Haruku Ajak Siswa Hindari Narkotika

  • Bagikan
Kapolsek Pulau Haruku Iptu Julkisno Kaisupy, memberi materi bagi calon siswa SMA Negeri 16 Maluku Tengah, di Pelauw.

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Rokok,minuman keras (miras), narkoba dan pergaulan bebas, perlu dihindari. Jika sudah terjerumus, maka akan mendatangkan kesusahan bagi diri sendiri.

Untuk menjaga para remaja khususnya siswa siswi SMA Negeri 16 Maluku Tengah (Malteng) dari pergaulan bebas itu, Kapolsek Pulau Haruku Iptu Julkisno Kaisupy, meminta mereka mengindari hal-hal itu.

“Jadi saya minta adik-adik untuk menghindari merokok, pergaulan bebas, miras, narkoba, hindari kebiasaan sering bolos sekolah, dan menghindari tawuran,” katanya saat
membawakan materi Kamtibmas pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 16 Malteng, Senin, 18 Juli 2022.

Kapolsek juga ingatkan para siswa agar bijak dalam menggunakan media sosial. Gunakan medsos untuk hal-hal yang positif.

“Jangan mengggunakan medsos untuk hal-hal yang negatif, karena nantinya akan merugikan diri sendiri,” harapnya.

Lanjut Kaisupy, ada tiga faktor terjadinya seseorang melakukan tindakan kriminal.
Pertama yaitu lingkungan keluarga. Didikan orang tua yang tidak baik akan mempengaruhi perilaku anak untuk berbuat hal-hal negatif

Kedua lingkungan sekolah. Bergaul dengan anak nakal juga dapat mempengaruhi perilaku untuk melakukan hal-hal negatif, seperti mulai merokok, miras, narkoba, dan lainnya.

Yang ketiga, lingkungan masyarakat. Pergaulan dengan teman di lingkungan masyarakat yang negatif juga akan memengaruhi perilaku anak untuk melakukan hal-hal negatif.

“Ciri-ciri kenakalan remaja itu suka melawan nasihat orang tua, suka mengeluarkan kata – kata yang tidak sopan kepada orang tua, guru, teman-teman dan orang lain. Suka merokok, mengkonsumsi miras, menggunakan narkoba dan menggunakan medsos yang negatif,” ungkapnya.

Mantan Kapolsek Teluk Ambon ini juga memberikan motivasi kepada para siswa SMA Negeri 16 Malteng agar terus belajar menggapai cita-cita.

“Banyak-banyaklah belajar, karena kalian adalah harapan bangsa, generasi penerus,” pungkasnya. (AAN)

  • Bagikan