Wagub Barnabas Orno Hadiri Pelantikan Pengurus KB Teon Nila Serua Maluku Periode 2022-2027, Ini Pesan dan Harapan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Besar Teon Nila Serua (KB TNS) Provinsi Maluku periode 2022-2027, bertempat di Swisbell Hotel, Sabtu (16/7/2022).

Menyampaikan sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail, Wagub mengatakan, atas nama Pemda Provinsi Maluku, menyambut baik pelantikan kepengurusan ini.

“Saya berharap, pengurus wilayah KB TNS Maluku yang telah mendapat kepercayaan untuk menjalankan roda organisasi ini, dapat menjalankan tugas dan amanah organisasi dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang diharapkan bersama,” pesan Gubernur.

Sehuhungan dengan pelantikan tersebut, Gubernur menyampaikan beberapa pesan dan harapan.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada KB TNS Maluku yang baru saja dilantik. Pelantkan ini merupakan satu tahapan yang menentukan agar proses keabsahan pengurus dapat terwujud, atau menjadi tanda legitimasi dari organisasi,” kata Gubernur.

Sebagaimana paguyuban atau organisasi sosial kemasyarakatan lainnya yang ada di daerah ini, kata Gubernur, eksistensi KB TNS juga merupakan modal sosial dalam pembangunan daerah ini.
Hal ini dikarenakan, modal sosial merupakan norma informal yang memiliki kemampuan untuk mendorong kerjasama, kolaborasi dan saling percaya antar anggota masyarakat Maluku.

“Maka melalui momentum pelantikan KB TNS Provinsi Maluku ini, saya minta agar KB TNS bukan saja dapat meningkatkan eratnya semangat kekeluargaan secara internal, tetapi juga dengan masyarakat lainnya yang ada di daerah ini. Semoga keberadaan KB TNS kedepan benar benar berdaya dan berhasil guna, sebagai modal sosial pembangunan di Provinsi Maluku,” kata Gubernur mengingatkan.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan melalui pesan leluhur orang Maluku yang berbunyi “Potong Di Kuku Rasa Di Daging dan Sagu Salempeng Di-Pata Dua”, dirinya berharap agar filosofi dari pesan moral yang telah menjadi kearifan lokal kita orang Maluku ini, dapat dipegang teguh untuk kiranya dapat menjadi persatuan dan kesatuan, kekeluargaan dan solidaritas.

“Sebagai sesama anak Maluku, saya juga mengajak seluruh pengurus KB TNS maupun seluruh masyarakat Maluku, agar senantiasa menjaga dan merawat kerukunan orang basudara yang hakiki dalam semangat pela gandong. Marilah kita memberikan keteladanan, bagaimana hidup berdampingan dengan rukun bersama masyarakat lainnya,” ajaknya.

Dirinya yakin, warga KB TNS akan menjadi contoh paguyuban yang bisa bersahabat dan berkolaborasi dengan saudara saudara kita dari suku dan etnis lain di daerah ini, yang merupakan satu kesatuan masyarakat yang bersama-sama menginginkan hidup berdampingan dengan aman dan kondusif.

“Oleh karena itu, saya minta agar segenap Pengurus KB TNS Maluku dapat terus menjalin komunikasi, melakukan silaturahmi dengan komunitas maupun paguyuban lainnya di daerah ini, sehingga keharmonisan dan hubungan baik dengan komunitas etnis lain di daerah ini bisa terpelihara, tumbuh dan berkembang dengan baik,” tandas Gubernur (RMF)

  • Bagikan