Beralih Status, STIKes Dr. J. A. Latumeten Siap Cetak S1 Administrasi RS

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bila tak ada aral, Senin, 18 Juli 2022, Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad) Mayjen TNI Purwo Setyanto, akan meresmikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) RS Dr. J. A. Latumeten.

Peresmian kampus STIKes Latumeten, setelah peralihan status Akademi Perawatan (Akper) menjadi Sekolah Tinggi Kesehatan melalui proses yang panjang sejak tahun 2003.

“Perubahan status dari Akper menjadi Poltek Kesehatan prosesnya cukup lama dari awal proses pengajuan sehingga akhirnya surat putusan pengalihan awalnya berdiri pada tahun 2003 dia berproses selama beberapa tahun kami evaluasi dan kami lihat kesiapan memang sudah memenuhi syarat sehingga layak untuk berubah,” kata Ketua STIKes RS J. A. Latumeten Mayor Ckm Endri Mustofa, kepada wartawan di STIKes Jumat, 15 Juli 2022.

Mayor Mustofa menambahkan,
Peralihan ini, lanjut Mustofa bukan saja begitu, namun dukungan SDM tenaga pengajar dosen, fasilitas laboratorium, gedung, mahasiswa serta penilaian kelulusan yang membuat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengeluarkan SK.

“Dari segi SDM, dosen, mahasiswa perolehan penilaian kemudian dari sarana dan prasarana memenuhi syarat sehingga memutuskan menjadi Sekolah Tinggi Kesehatan dari proses yang begitu lama sehingga Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menerbitkan SK Nomor: 2907/E1/KB.03.00/2022 tanggal 8 Juni 2022 dari,” bebernya.

Untuk tahun perdana penerimaan mahasiswa baru, STIKes Latumeten, masih membuka Prodi S1 Adminitrasi Rumah Sakit, yang merupakan jurusan pertama dibuka di Maluku dan Maluku Utara.

“Sebagai perdana program studi S1, kami baru buka jurusan administrasi rumah sakit di mana prodi ini tidak ada di Maluku dan Maluku Utara dan baru pertama kali ada di Maluku,” ujarnya. (AAN)

  • Bagikan