Pemprov Maluku Akan Bantu Mendorong Pengembangan Perbankan Syariah di Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Maluku, Meikyal Pontoh, membuka dengan resmi Shari’a Local Economic Festival (Salam Fest) Road to restart Kawasan Timur Indonesia (KTI) tahun 2022, Kamis (15/7/2022) di Hotel Santika, Ambon.

Turut hadir dalam pembukaan festival Salam Fest road to restart Kawasan Timur Indonesia (KTI), Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku, One Yusril Fikar, para pimpinan perbankan/BUMN/BUMD, Ketum Habitren Indonesia, Moh. Hasib Wahab Chasbullah, Ketum Pusat Habitren, Abu Imam Abdur Rohim Rumabara, sejumlah Pimpinan OPD terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan jajaran perbankan.

Sebagaimana diketahui, festival yang digelar oleh Kantor Bank Indonesia Perwakilan Maluku ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dan memperkuat literasi dan edukasi masyarakat Maluku tentang bank syariah.

Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II Sekda Maluku, Meikyal Pontoh, memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan dimaksud.

“Gagasan kegiatan ini tentu sangat membantu semakin bertumbuhnya perekonomian Maluku,” kata Gubernur.

Di sisi lain, jelas Gubernur, edukasi dan literasi bank syariah menjadi penting oleh karena 90% adalah umat Islam di Indonesia, termasuk di Provinsi Maluku. “Populasi inilah sebagai modal utama diberikan edukasi tentang pentingnya memanfaatkan berbagai produk bank syariah kepada mereka,” ujarnya.

Untuk itu, dengan potensi yang ada tersebut, maka sebagai pemerintah daerah, akan terus mendukung perkembangan bank syariah di Maluku.
“Pemerintah Provinsi Maluku akan juga membantu memberikan dorongan dan dukungan agar perbankan syari’ah di Maluku terus berkembang. Karena saya juga meyakini sungguh dengan berbagai potensi populasi umat yang besar dan sumber daya alam (sda) yang tersebar di seluruh wilayah negeri Maluku, maka kehadiran perbankan syariah dengan berbagai produknya, akan membawa ‘maslahat’ bagi peningkatan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat Maluku,”imbuhnya.

Ia pun berharap, shari’a local economic festival ini, akan terus berkelanjutan sehingga dapat mengembangkan dan terus menawarkan gagasan-gagasan ekonomi umat yang semakin kreatif dan inovatif di era digital dan minat warga masyarakat pada produk perbankan syari’a semakin meningkat, sehingga perekonomian daerah Maluku semakin berkembang.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus harian himpunan ekonomi bisnis pesantren (hebitren) periode 2022-2027 yang dirangkaikan dengan pembukaan festival Salam Fest road to restart Kawasan Timur Indonesia (KTI).
“Saya meyakini sungguh saudara-saudara akan membantu ekonomi umat dan menggerakkan ekonomi daerah tumbuh secara signifikan,”tandas Gubernur. (RMF)

  • Bagikan