SMP 14 Ambon Sembelih 6 Hewan Kurban

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — SMP Negeri 14 Ambon berbahagia. Pada Idul Adha 1443 Hijriah kali ini, mereka merayakannya dengan menyembelih 6 (enam) ekor hewan kurban. Menariknya, hadir dalam acara tersebut Gubernur Maluku, Murad Ismal dan isteri Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail.

Perayaan Idul Adha tersebut dirangkaikan dengan peragaan Manasik Haji oleh siswa/siswi SMP Negeri 14 sekaligus penyerahan daging qurban oleh Gubernur Maluku kepada para siswa yang berhak menerima.

Ketua Panitia Qurban SMP Negeri 14 Ambon, Murad Junior Ismail menyampaikan, haji dan berqurban merupakan ibadah yang dilaksanakan saat hari Raya Idul Adha.

Sementara kurban menjadi bentuk ibadah yang mengingatkan umat Muslim terhadap perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS beserta anak tercinta Ismail AS.

“Pada hari ini, kami panitia qurban SMP Negeri 14 Ambon dapat melaksanakan acara ini yang dirangkaikan dengan praktek manasik haji olen teman-teman, sebagai bentuk implementasi Program OSIS bidang Ketaqwaan terhadap Allah SWT. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban yang dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak menerimanya,” kata Murad Junior saat bacakan sambutan.

Ia menjelaskan untuk qurban, dana yang berhasil terhimpun sebesar Rp. 80 juta. Dana tersebut digunakan untuk pembelian hewan qurban berupa sapi sebanyak 6 ekor dan pembiayaan seluruh rangkaian acara qurban yang dilaksanakan mulai pembentukan panitia hingga pada puncak acara hari ini.

“Daging hewan qurban ini akan kami berikan kepada teman-teman siswa SMP Negeri 14 Ambon yang berhak menerima sebanyak 200 orang,” ujarnya.

Ia pun berharap kegiatan berbagi seperti ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang.

Kemudian dalam sambutan bunda literasi, Widya Pratiwi mengatakan, kegiatan hari ini merupakan cermin dari bentuk keikhlasan dan rela berkorban Nabi Ibrahim.

Selaku Bunda literatur literasi Maluku yang juga innallatu Maluku, mamanya anak-anak Maluku, mamanya orang-orang Maluku memberikan beberapa pesan terkhusus kepada anak-anakku di SMP 14 Ambon.

“Bunda berpesan untuk menaati perintah agama yaitu shalat wajib lima waktu. jangan sekali-kali tinggalkan mengaji dan harus bersedekah berapapun yang kita punya harus kita bersedekah, saya selalu mengajari anak-anak saya untuk berapapun rezeki atau berapapun uang jajan yang diberikan wajib untuk mengeluarkannya sedekah minimal dua setengah persen. Itu adalah rutinitas kebiasaan yang mesti harus kita ajarkan sedini mungkin,” pesan bunda.

Sementara Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Ambon, S. Duwila. S.Pd. M.Si, mengatakan kegiatan hari ini berjalan dengan lancar atas dukungan berbagai pihak.

“Kegiatan ini sangat luar biasa karena dihadiri langsung bapak Gubernur dan ibu. Kemudian sekretaris daerah dan ibu dan pejabat lain,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk siswa-siswa kedepan.

“Diharapkan kegiatan ini bukan dilihat dari serimonial saja, tapi warga SMP Negeri 14 Ambon memaknai kegiatan di hari ini, agar kedepan bisa lebih baik,” pungkasnya

Sekadar informasi, acara penyembelian hewan kurban diawali dengan penyerahan qurban dari panitia kepada Kepala Sekolah, kemudian penyerahan daging oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Inalatu, Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail kepada siswa/siswi perwakilan penerima. (MON/ADV)

  • Bagikan