Gubernur Berupaya Hubungi Menteri Bangun Infrastruktur Jalan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — Gubernur Maluku, Murad Ismail, bakal berupaya untuk menyampaikan kepada Menteri PUPR RI agar dapat membantu membangun infrastruktur jalan guna mengelilingi area persawahan di Desa Waegeren, Kabupaten Buru.

Demikian disampaikan Gubernur saat melakukan penanaman bibit padi perdana bersama isteri Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail, di Desa Waegeren, Kabupaten Buru, Sabtu, 9 Juli 2022. Menurutnya, penanaman padi tersebut untuk meningkatkan produksi sektor pertanian khususnya padi serta berupaya meningkatkan kualitas padi di Provinsi Maluku.

“Luar biasa, sepanjang mata memandang yang terlihat hanya sawah. Masyarakat di Desa Waegeren ini doa’in saya ya. Saya tidak janji tetapi saya akan berupaya bisa menyampaikan kepada pak Menteri PUPR untuk dapat membantu membangun infrastruktur jalan (mengelilingi area persawahan) ya, paling sekitar 20 km, kita berusaha semoga bisa terwujud. Untuk itu saya mohom bapak-bapak ikut mendoakan kita,” ujar Gubernur.

Dia menjelaskan, tanam padi perdana yang dilaksanakan ini, merupakan tindak lanjut dari program kerja Kementerian Pertanian yang mengupayakan peningkatan produksi padi melalui pola tanam padi dengan indeks pertanaman (IP) 400, yang dikelola dalam klaster kawasan berbasis korporasi petani, untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional khususnya di Provinsi Maluku.

“Saya kagum dengan pemandangan di desa Waegern yang dipenuhi hamparan persawahan padi. Saya yakin dengan dukungan doa dari masyarakat, sesuatu dapat menjadi luar biasa,

“Dan perlu disadari bahwa saya bisa ada di titik sampai mendapat amanah menjadi Gubernur ini karena banyak masyarakat yang mendoakan saya termasuk orang tua, anak-anak, sanak saudara. Karena itu, saya minta mari kita doa sama-sama, mudah-mudahan apa yang kita lafadzkan diijabah oleh Allah SWT,” tutup Gubernur.

Untuk mewujudkan peningkaatan produksi dan mempercepat masa tanam padi, Gubernur juga menyerahkan bantuan dari pemerintah provinsi kepada lima perwakilan Kelompok Tani asal Kecamatan Waeapo, Waelata dan Lolongguba, berupa cabe rawit seluas 20 Ha, pupuk dan mulsa plastik, dua paket embung pertanian senilai Rp. 240 juta, dua paket irigasi perpompaan sebesar Rp 282 juta dan penyerahan penghargaan penyuluh teladan kepada Bapak Sukoyo (52).

Turut mendampingi dalam tanam padi perdana, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy, anggota DPRD Maluku Azis Hentihu dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku dan Pemkab Buru, disusul masyarakat yang terlibat dalam kegiatan penanaman. (RMF)

  • Bagikan