Widya Hadiri Pembukaan FORNAS VI Sumsel

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail menghadiri pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI Tahun 2022 di Arena Dayung Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) , Jumat malam, (01/07/2022).

Event FORNAS yang dipandu oleh Presenter Choky Sihotang tersebut, dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali, didampingi Ketua KORMI Pusat, Hayono Isman dan Gubernur Sumsel, Herman Deru, yang ditandai dengan pelepasan Ketapel ke udara dan disusul tarian selamat datang khas Sumsel “Gending Sriwijaya” serta Tarian Journey of Fornas oleh ratusan penari.

Sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi dari 34 provinsi termasuk Provinsi Maluku, ikut ambil bagian pada ajang nasional yang sempat tertunda selama satu tahun karena adanya pandemi COVID-19 yang digelar di Kota Palembang dan Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, 1-7 Juli 2022.

Sebagaimana diketahui, kontingen Maluku yang akan mengikuti FORNAS di Kota Palembang sebanyak 91 peserta yang akan tampil, berasal dari sembilan Induk Organisasi Olahraga (INORGA) yakni, Indonesia e-SportAssociation (IESPA/12 orang), Senam Tera Indonesia (STI/16 orang), KLPI (Kebugaran Lansia Pra Lansia Indonesia (KLPI/12 orang), Perkumpulan Street Soccer Indonesia (PERSSOCI/14 orang), Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI/8 orang), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI/6 orang), Yayasan Jantung Indonesia (YJI/6 orang), Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI/14 orang) dan Universal Line Dance (ULD/3 orang).

Keberangkatan kontingen Maluku untuk bertanding didasarkan Keputusan Pengurus KORMI Provinsi Maluku, Nomor : 01/SK/KORMIDA-MAL/VI/2022 tentang Penetapan Peserta FORNAS IV 2021 Tahun 2022 Kontingen Daerah KORMI Maluku,.

Sebelum membuka event tersebut, Menpora dalam sambutannya mengatakan, FORNAS merupakan salah satu olahraga masyarakat yang mungkin saja belum terlalu populer dibandingkan dengan olahraga prestasi lainnya, kendati di dalam UU No.11 tentang Keolahragaan ada tiga kelompok olahraga, yakni, olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan Olahraga masyarakat.

Dikatakan, dalam UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres No. 86/2021 tentang DBON, olahraga masyarakat sangat memegang peran penting, karena tidak mungkin kita bisa mendapatkan prestasi yang baik yang gemilang, kalau hulunya yakni olahraga masyarakat tidak digerakkan.

“Hanya di tengah masyarakat yang rajin dan gemar berolahraga yang menjadikan olahraga gaya hidup, maka akan muncul talenta-talenta untuk atlet berprestasi,” pungkas Menpora.

Turut mendampingi Menpora Amali pada Pembukaan FORNAS, Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Khusus Menpora Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Mahfudin Nigara dan LPDUK Tri Winarno. Sedangkan pejabat lingkup Pemprov Maluku yang mendampingi Widya adalah Kadis Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena, Karo Umum Afandi Hasanusi, Kadis Pendidikan Insun Sangadji, Kadis PUPR Muhamat Marasabessy dan anggota DPRD Maluku Ayu Hindun Hasanusi. (RMF).

  • Bagikan