Pangdam Pattimura Bakal Dijabat Mayjen Ruruh Setyawibawa

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Setelah menjabat sebagai Pangdam IX/Pattimura mengantikan Bambang Ismawan pada Desember 2021 lalu, Mayjen TNI Richard Tampubolon, bakal meninggalkan Maluku.

Pasalnya dia ditarik ke Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) sebagai Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad).

Ia mengantikan Letjen TNI Rudianto. Mayjen Rudianto dipindahkan Bais TNI.

Jabatan Pangdam akan diserahkan kepada Mayjen Ruruh A. Setyawibawa, yang saat ini menjabat Deputi V Bidang Intelijen Teknologi Badan Intelijen Negara (BIN).

Sebagaimana informasi yang diperoleh Rakyat Maluku, pergantian ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/558/IV/2022.

Selain Pangdam Pattimura, Panglima TNI Andika Perkasa juga mengantikan Direktur Maluku dan Papua pada Deputi Intelijen dalam negeri Brigjen TNI Hardani Lukitananta dengan Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung Nugroho.

Saat ini Adrianus Suryo Agung Nugroho, menjabat Kabinda Nusa Tenggara Timur. Brigjen TNI Hardani Lukitananta, digeser ke Kalimantan Timur sebagai Kabinda.

Selain empat perwira tinggi (Pati) TNI AD ini, Jenderal Andika Perkasa pun mengantikan 176 Pati dan perwira menengah (Pamen) di tiga matra itu, TNI AD, AL dan AU.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Pattimura Kolonel Adi Prayogo Choirul Fajar, yang dihubungi Rakyat Maluku, membenarkan pergantian itu.

“Betul (nanti ada pergantian), ” katanya lewat pesan WhatsApp.

Untuk diketahui, sejak menjabat sebagai Pangdam Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon telah melakukan terobosan besar dengan progam Mutiara Pattimura.

Program andalan ini yang mengantarkan Kodam XVI/Pattimura memecahkan rekor Dunia Museum Rekor Indonesia (MURI) makan papeda terbanyak.

Acara ini digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam ke-23 tahun. (AAN)

  • Bagikan