Bupati Lepas 46 JCH Asal SBT

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — BULA, — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) berencana akan segera membentuk satuan tugas TPHD atau Tim Pemandu Haji Daerah dan tim kesehatan haji daerah.
Pembentukan TPHD dan tim kesehatan haji daerah ini untuk mendampingi Jamaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten tersebut mulai dari daerah asal hingga tempat embarkasi hingga ke tanah suci.

Rencana pembentukan TPHD dan tim kesehatan haji daerah ini disampaikan Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya saat melepas jamaah calon haji (JCH) Kabupaten SBT yang digelar gedung serbaguna Dinas Kesehatan SBT di Kota Bula, Minggu, 19 Juni 2022.

“Saya ingin menyampaikan bahwa insya Allah kedepan tim pemandu haji sekaligus tim kesehatan akan kita siapkan,” katanya.

Dikatakan, saat ini Kabupaten SBT belum memiliki TPHD maupun tim kesehatan haji daerah. Untuk membantu penyelenggaraan ibadah haji bagi JCH asal daerah itu, pemerintah daerah hanya membentuk kepanitiaan yang tugasnya hanya melepas dan menjemput JCH dari dan ke empat Embarkasi di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan pelayanan haji bagi Jamaah Haji maka pemerintah daerah bersungguh sungguh untuk membentuk TPHD dan tim kesehatan haji daerah.

“Sehingga pelayanan tidak hanya sampai ke Makassar (embarkasi) saja, tapi mulai dari Kabupaten Seram Bagian Timur sampai dengan tanah suci dan sampai kembali jamaah haji itu ke daerah asal. Insya Allah dalam keadaan sehat,” ujar Bupati.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di daerah berjuluk Ita Wotu Nusa itu kemudian meminta pimpinan dan anggota DPRD yang hadir dalam acara tersebut untuk memberikan dukungan agar rencana pemkab membentuk satuan tugas Tim Pemandu Haji Daerah bisa segera terwujud.

Bupati dua periode ini mengatakan, pemerintah daerah akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Agama melalui kantor Kementerian Agama Kabupaten SBT untuk menyiapkan segala persyaratan dan mekanisme lain yang diperlukan untuk membentuk tim pendampingan haji tersebut. Langkah cepat ini akan segera dilakukan untuk mempercepat proses dimaksud.

“Mudah-mudahan kalau ada persyaratan lain nanti hasil kita koordinasikan dengan pak Kepala Kementerian Agama baru kita siapkan,” sebut bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati melepas sebanyak 46 jamaah calon haji asal Kabupaten SBT yang akan melaksanakan ibadah haji musim 1443 Hijriah tahun 2022 Masehi. 46 JCH itu terdiri dari JCH laki-laki sebanyak 20 orang dan JCH perempuan sebanyak 26 orang.

46 JCH SBT ini akan menuju asrama haji Waiheru Kota Ambon pada Selasa 21 Juni 2022. Di Ambon mereka akan bergabung dengan CJH dari 10 kabupaten kota lainnya di Maluku untuk selanjutnya diberangkatkan ke Embarkasi Ujung Pandang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 23 Juni 2022. Di Embarkasi Ujung Pandang Makassar para jamaah calon haji akan menunggu jadwal keberangkatan ke tanah suci Makkah sesuai kloter yang ditetapkan pemerintah pusat. (RIF)

  • Bagikan