Widya MI Lantik Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka SBT

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Maluku Widya Pratiwi Murad melantik Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Seram Bagian Timur, Bula, Selasa, (14/06/2022). Surat Keputusan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku, tentang Pengukuhan Pengurusa Mabicab Gerakan Pramuka Seram Bagian Timur masa bakti 2021-2026, dengan kepengurusan diketuai Bupati SBT, Mukti Keliobas.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad, mengucapkan selamat atas dilantiknya para pengurus. Sebab, Kwarda dan Kwarcab semakin berbenah diri untuk ikut berperan dalam menata organisasi lingkup kwartir masing-masing.

“Bagi Saya, eksistensi serta semangat kakak-kakak dalam mengembangkan gerakan pramuka khususnya di tingkat Kwarcab, sejalan dengan ikhtiar pemerintah yang dituangkan dalam bentuk UU No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” katanya.

Dalam kerangka besar itu, Widya optimis Majelis Pembimbing Kwarcab SBB, lebih menitikberatkan perhatian pada program fasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan. Mengingat Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang membangun kepribadian dengan mengembangkan potensi diri, serta memiliki akhlak demi tercapaikan kesejahteraan masyarakat.

Merujuk pada perkembangan situasi sekarang yang semakin selaras, sambung Widya, cenderung menggarisbawahi kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan secara internal maupun eksternal yang merupakan kebutuhan penting untuk mencapai sebuah keberhasilan. Apalagi, Kwarcab sebagai ujung tombak penyelenggaran pendidikan kepramukaan akan terus bersinergi dengan Kwarda yang berperan sebagai fasilitator.

“Perkokoh jalinan hubungan antar setiap tingkatan Kwartir, seluruh jajaran pengurus Kwartir diminta memantapkan jati diri dengan berpedoman pada nilai etika, kaidah agama serta satya dharma pramuka,” tuturnya.

Menurut Widya, suksesnya pelantikan kepengurusan dimaksud, juga mencerminkan kwarcab semakin dewasa dalam menyikapi serta memahami pentingnya upaya sinergis dari seluruh komponen kwartir, karena sekaranglah waktu yang paling tepat untuk bersatu menghasilkan karya.

Ia menjelaskan, setelah melihat perkembangan pandemi Covid-19 yang mulai melandai, Kwarda Maluku bermaksud akan berparisipasi dan menyelenggarakan sejumlah kegiatan penting pada tahun ini.
Kegiatan-kegiatan penting itu antara lain persiapan Jambore Dunia Tahun 2023, Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022. Selanjutnya, Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional yang akan diadakan di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu serta kegiatan-kegiatan di tingkat daerah seperti Rapat Kerja Daerah, Peran Saka Tingkat Daerah di Kota Ambon serta kegiatan untuk anggota dewasa.

“Di samping berupaya melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut sebaik mungkin, kami juga akan terus mengembangkan kegiatan kepramukaan sejalan dengan tujuan pokok Gerakan Pramuka, yaitu menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda gun menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik,” jelasnya.

Widya mengaku, Kwarda merasa optimis, bila semua pihak memiliki komitmen yang kuat terhadap kesinambungan program-program penyelengaraan pendidikan kepramukaan, niscaya proses ini akan terus mengarah keperubahan yang lebiih baik.

“Saya berharap, proses pelantikan tadi semakin menggugah peran aktif Kwarcab dalam mensukseskan agenda-agenda kepramukaan. Khusus untuk pengurus yang baru dilantik, tak lupa saya mengucapkan selamat berbakti dan mengabdi untuk Pramuka Kwarcab SBB,” tutup Widya. (RMF).

  • Bagikan