Penjabat Walikota Buka Deklarasi Paguyuban Masyarakat Papua di Ambon

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Penjabat Walikota Ambon, Drs. Bodwin M Wattimena, M.Si, membuka kegiatan Deklarasi Peresmian dan Pembentukan Organisasi Paguyuban Masyarakat Papua di Kota Ambon, bertempat di lantai II Kantor Walikota Ambon, Selasa, 14 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Penjabat Walikota Ambon berharap agar paguyuban ini mampu menampung seluruh masyarakat dari Papua di Kota Ambon, agar dapat secara bersama-sama membantu Pemerintah Kota Ambon melakukan berbagai aktivitas, khususnya aktivitas pembangunan yang sementara digalakkan.

“Kami, Pemerintah Kota Ambon menyambut dengan penuh sukacita kegiatan Deklarasi Paguyuban Masyarakat Papua di Kota Ambon. Paguyuban ini diharapkan juga bisa menjadi wadah untuk membangun kreativitas, baik di bidang seni, budaya, dan lainnya, yang menampilkan ciri khas orang Papua untuk di tampilkan di Kota Ambon,” harapnya.

Dikatakan Penjabat Walikota Ambon, semua masyarakat yang mendiami Kota Ambon secara otomatis telah dianggap sebagai warga Kota Ambon yang sudah berdomisili dan melakukan berbagai aktivitas di Kota Ambon.

“Karena itu pemerintah berkewajiban untuk memfasilitasi semua kepentingan warga kotanya, termasuk adik-adik yang berasal dari Papua yang saat ini sebagian besar sementara menimba ilmu di beberapa sekolah atau universitas di Kota Ambon,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Paguyuban Masyarakat Papua di Kota Ambon, Matias Andarek. Menurutnya, tujuan dibentuknya paguyuban ini guna mempersatukan seluruh masyarakat dan pelajar/ mahasiswa asal Papua di Kota Ambon, untuk saling berbagi dengan masyarakat Maluku dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku maupun Kota Ambon.

“Sebagai masyarakat dan mahasiswa asal Papua di Kota Ambon, kita harus tunjukkan bahwa kehadiran kita tidak hanya untuk kuliah dan berdomisili saja, tetapi mampu membantu bersinergi juga dalam pembangunan daerah di Provinsi Maluku, dan Kota Ambon khususnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Matias juga mengucapkan terima kasih atas dorongan dan dukungan dari Penjabat Walikota Ambon, Drs. Bodwin M Wattimena, M.Si, serta beberapa pejabat daerah lainnya, sehingga Paguyuban Masyarakat Papua di Kota Ambon dapat terbentuk secara resmi.

“Kami sungguh mengapreasi kepada bapak sekalian, sangat luar biasa sangat memahami kami sebagai mahasiswa dan masyarakat Papua yang ada di Kota Ambon ini. Mari kita tunjukkan hal-hal positif yang terbaik, yang dapat mengangkat harkat dan martabat orang Papua di daerah ini,” pungkasnya.

Usai kegiatan deklarasi, acara dilanjutkan dengan pemaparan Wawasan Kebangsaan oleh Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ambon, Nova K. Erubun.

Acara kemudian ditutup dengan pernyataan sikap Organisasi Paguyuban Masyarakat Papua di Kota Ambon yang mendukung Pemerintah Pusat dalam percepatan pembangunan Daerah Otonomi Baru (DOB) di tanah Papua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi daerah. (RIO)

  • Bagikan