Pj. Sekda Sampaikan Arahan Menteri LHK Di Peringatan HLH Sedunia

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku menyelenggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tahun 2022, di pelataran Gedung Islamic Center, Kamis, (09/05/2022).

HLH yang mengusung tema “Satu Bumi untuk Masa Depan”, merupakan peringatan 50 tahun
Konferensi Stockholm yang telah meletakkan dasar pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan dan dalam hubungan pembangunan dengan alam dan manusia.

Acara ini dihadiri sederajat pejabat daerah seperti Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Meikyal Pontoh, Assisten Administrasi Umum Habiba Saimima, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad, Penjabat Bupati Kabupaten KKT Danny Indey, Penjabat Walikota Ambon Boedewin Wattimena dan undangan lainnya

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie (Mewakil Gubernur Maluku Murad Ismail) mengatakan, peringatan HLH Tahun 2022, menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

“Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan cita-cita bangsa. Saya menyampaikan terima
kasih, apresiasi dan penghargaan atas kerja keras seluruh elemen bangsa, seluruh masyarakat, jurnalis dan juga jajaran birokrasi lapangan,” kata Menteri Nurbaya.

Menurutnya, tantangan kedepan tidak lebih mudah. Obyektivitas dan kejernihan dalam melihat masalah dan membangun artikulasi penyelesaian masalah merupakan pijakan kolaborasi yang sangat penting.
Sementara di sisi lain, pembangunan lingkungan di Indonesia dalam perjalanannya, secara praktis
melembaga dan semakin beraktualisasi dengan nyata.

“Kondisi tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia diantara negara-negara di dunia, dimana Indonesia cukup gigih bekerja dalam aspek lingkungan,” ujar Nurbaya.

Sebagai informasi, di HLH kali ini, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku Roy. C. Siauta, menyerahkan Sertifikat Proper tahun 2021-2022 kepada 16 perusahaan. Proper merupakan suatu Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Belasan perusahaan tersebut masing-masing :

A. Kategori Peringkat Hijau :

PT. Pertamina Patra Niaga Subholding C & T Integrated Terminal Wayame dan PT. Patra Niaga DPPU Pattimura.

B. Kategori Peringkat Biru :

PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Masohi / Namlea / Saumlaki / Tual, Citic Seram Energi Limited, PT. Semen Tonasa Ambon, PT. PLN (Persero) PLTD Langgur / Poka / Saparua / Hative Kecil / Kairatu / Wamar / Namlea dan Saumlaki.

Dilanjutkan penyerahan bantuan sarana tempat sampah oleh Ketua TP-PKK Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad kepada lima tokoh agama yakni Ketua Sinode Maluku, Ketua MUI Maluku, Ketua Walubi, Uskup Amboina dan Ketua Persada Hindu Dharma Maluku. (RMF).

  • Bagikan