Eks HTI – FPI Dukung Anies Capres

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria merespons soal adanya deklarasi dukungan dari kelompok eks HTI dan FPI untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (Capres) 2024.


Riza menyatakan, sebagai organisasi pemerintahan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta independen dalam menyikapi hal tersebut.

“Ya kalau Pemprov kita ini kan organisasi pemerintah, jadi tidak ikut dalam dukung mendukung, kita harus independen, mandiri, dan netral. Jadi kami menyikapi dukung mendukungnya sesuai dengan aturan dan ketentuan,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 8 Juni 2022.

Riza menegaskan, Pemprov DKI Jakarta tidak melakukan politik praktis. Pihaknya tak mau mempermasalahkan adanya deklarasi dukungan terhadap Anies Baswedan. Apalagi dukungan politik terhadap satu tokoh sudah dilindungi oleh aturan negara.

“Namanya pemerintah pusat sampai daerah itu tidak berpolitik praktis. Tapi kalau ada massa yang mencalonkan a, b, c, d itu hak masyarakat, sejauh disampaikan dengan terbit aturan dan ketentuan,” ucap politikus Partai Gerindra ini.

Menurut Riza, deklarasi ini seharusnya tidak perlu dipermasalahkan. Dia mengimbau agar menghormati pilihan untuk mendukung atau pun tidak mendukung satu calon dalam gelaran Pilpres 2024 mendatang.
“Dukung siapa aja kan punya hak dan dipilih dan memilih, termasuk mendukung atau tidak mendukung satu calon itu hak warga, kita hormati, itu hak warga, negara kita negara yang demokratis. Sejauh ini pemilu baik, kita berharap pemilu nanti kita bisa lebih baik lagi,” kata Wagub DKI.

Dia juga mengingatkan bahwa kepemimpinannya bersama Anies di Pemprov DKI Jakarta masih berlanjut hingga 16 Oktober 2022. Dia meminta doa dan dukungan warga DKI agar tugas yang diemban sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD). (JPNN/JOW)

  • Bagikan