Empat Caretaker Siap Dilantik

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON — Empat caretaker kepala daerah yang akan mengisi kekosongan jabatan Walikota Ambon, Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Bupati Buru, dan Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, telah ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Penetapan caretaker kepala daerah tersebut diperkuat dengan adanya surat perintah dari Mendagri, Tito Karnavian, kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail, untuk menyiapkan proses pelantikan empat caretaker tersebut.

Dalam surat Mendagri yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr. Suhajar Diantoro, M.Si, itu menyebutkan proses pelantikannya pada 22 Mei 2022, dan diutamakan pelaksanaannya di ibu kota masing-masing provinsi.

Selain itu, dalam isi surat tersebut juga menyebutkan saat ini tengah dipersiapkan Keputusan Mendagri (Kepmendagri) tentang pengangkatan pejabat bupati/waikota, yang selanjutnya Kepmendagri itu akan disampaikan kepada masing-masing gubernur paling lambat Jumat 20 Mei 2022, hari ini.

Informasi terpercaya yang dihimpun media ini, bahwa Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI, Amino Setia Budi, yang saat ini mengemban jabatan sebagai Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Riau, akan dilantik sebagai caretaker Walikota Ambon. Kemudian Sekertaris Daerah (Sekda) Buru, Ilyas Hamid, dikabarkan akan dilantik sebagai caretaker Bupati Buru.

Sementara Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Ruben Benharvioto Moriolkosu, akan dilantik sebagai caretaker Bupati KKT, dan Staf Ahli Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, Umar Alhabsi, disebut-sebut akan dilantik sebagai caretaker Bupati SBB.
Hanya saja nama carateker Bupati Buru dan SBB dikabarkan masih terdapat perubahan sampai tadi malam.

Untuk kepastian nama-nama calon caretaker kepala daerah tersebut bakal dilantik pada 22 Mei 2022, Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang dikonfirmasi wartawan enggan membeberkannya. Namun ia memastikan bahwa seluruh persiapan acara pelantikan sementara dirampungkan.

“Siapa saja yang ditunjuk dan yang ditetapkan itulah yang terbaik. Jadi nantinya Minggu (22/5/2022) itu keempat penjabat kepala daerah dimaksud akan dilantik,” ujar Murad, usai menghadiri acara Halal Bihalal Keluarga Besar Ikatan Alumni Universitas Pattimura ( IKAPATTI), Kamis (19/5/2022) malam.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Maluku, D. N. Kaya, S.Sos, M.Si, yang dikonfirmasi media ini terkait kepastian nama-nama caretaker kepala daerah tersebut, via sambungan seluler maupun pesan singkat WhatsApp (WA), belum merespon hingga berita ini diterbitkan.

Informasi yang diperoleh media ini, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Maluku, D. N. Kaya, S.Sos, M.Si, sementara berada di Jakarta, dalam rangka menunggu Kepmendagri tentang pengangkatan pejabat bupati/waikota yang paling lambat diterima pada Jumat 20 Mei 2022, hari ini. (RIO)

  • Bagikan