Perpres M-LIN Segera Terbit

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON — Perjuangan masyarakat bersama Pemerintah Provinsi Maluku, dalam mendesak pemerintah pusat (Pempus) untuk segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Maluku Lumbung Ikan Nasional (M-LIN), akhirnya membuahkan hasil. Dalam waktu dekat Peraturan Presiden (Perpres) terkait M-LIN segera diterbitkan.

Kepastian bakal diterbitkannya Perpres tersebut terlihat juga dari keseriusan Pempus melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI, terus gencar melaksanakan rapat koordinasi dengan agenda pembahasan draft rancangan Perpres M-LIN, bertempat di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, sejak Selasa, 17 Mei 2022.

Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris mengatakan, rapat tersebut digelar untuk menindaklanjuti rancangan Perpres tentang LIN yang pernah dibahas bersama tahun 2016 lalu, namun mengalami kemandekan. “Hanya saja saat itu tidak berlanjut ketika Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti,” kata Haris, Rabu 18 Mei.

Diungkapkannya, di tahun 2020 lalu, rancangan Perpres yang pernah dibahas 2016 lalu, diangkat kembali dan dibahas di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Setelah mereka melakukan rapat pembahasan, ada penyempurnaan-penyempurnaan isi rancangan Perpres tahun 2016 tersebut.

Menurutnya, dibahas rancangan Perpres, dari masukan-masukan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kementerian Kelautan dan Perikanan kemudian bersurat yang ditandatangani oleh Sekjen KKP, Antam Novambar. Surat itu diberi nomor B-779/SJ/XI/2020 perihal penyampaian usulan rancangan Perpres tentang LIN, 11 November 2020.

“Jadi KKP menyurat ke Deputi Sumber Daya Manusia di Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi. Tapi perkembangan terakhir dari surat 11 November 2020 belum ada kemajuan. Sehingga Pak Gubernur menyurat kembali kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Nomor 523/3476, 25 Oktober 2020, perihalnya permohonan penetapan kebijakan LIN melalui Perpres ,”jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, berdasarkan surat Gubernur Maluku, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, mengundang pihaknya rapat di Hotel Arya Duta. Rapat tersebut untuk menyesuaikan antara rancangan Perpres tahun 2016 lalu dengan usulan penyempurnaan yang dilakukan Kementerian Keluatan dan Perikanan tahun 2020 lalu. “Jadi sudah disepakati, rancangan Perpres ditindaklanjuti oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi,” paparnya.

Selanjutnya, hasil tersebut disampaikan ke Presiden Jokowi untuk menjadi Perpres. Haris juga optimis dalam waktu dekat Perpres tersebut diterbitkan Presiden Joko Widodo. “Insya Allah. Mudah-mudahan. Kita berharap seperti itu (Perpres tentang LIN Segera terbit). Apalagi, saat rapat Pak Ikram sudah menyampaikan bahwa setelah rapat ini beliau akan membuat hasil laporan rapat, untuk diteruskan ke Pak Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan, agar diproses lebih lanjut ke Sekretariat Kabinet dan Sekretariat Negara, untuk ditandatangani oleh Pak Presiden,” ujarnya.

Sekadar diketahui,, rapat itu, dipimpin Asisten Deputi Perikanan Tangkap dari Deputi II Bidang Kordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ir Ikram Sangadji, MSI. Selain itu, turut hadir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP, Biro Perencanaan KKP, Biro Hukum KKP, dan juga hadir Direktorat Jenderal terkait di KKP. Sekretariat Kabinet dan Sekretariat Negara.

Sementara perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, yang diundang yakni, Pj Sekda Maluku, Sadali Ie, Asisten I Pemprov, Semi Huwae, Kepala Bappeda Maluku, Anthon Lailosa, Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris, Kepala Biro Hukum Pemprov, Alawiyah Alydrus, dan Direktur Paska Sarjana Unpatti, Alex Retraubun.(Diskominfo Maluku)

Keyakinan terbitnya Perpres tersebut juga disampaikan Koordinator Persaudaraan Maluku Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) atau PMJ Beta Maluku, Tomy Arianto Leleulya, kepada koran ini via selulernya, Rabu, 18 Mei 2022 mengungkapkan, rapat koordinasi yang dipimpin oleh Asisten Deputi Pengelolaan Perikanan Tangkap pada Kementerian Koordinator Bidang Marves RI, Ikram Sangadji, itu menindaklanjuti hasil rapat koordinasi pembahasan rancangan Perpres tentang M-LIN pada 12 April 2022 lalu.

“Saat ini masih rapat koordinasi pembahasan draft rancangan Perpres dengan melibatkan beberapa instansi yang saling terkait dalam mendukung M-LIN. Kita doakan semoga Perpresnya segera terbit,” ungkap Tomy.

Dikatakan Tomy, informasi yang diterimanya dari salah satu staf pada Kementerian Koordinator Bidang Marves RI, bahwa setelah proses pembahasan draft rancangan Perpres M-LIN rampung, akan dilanjutkan dengan proses harmonisasi bersama Kemenkumham RI dan berlanjut ke Sekretariat Negara RI untuk persetujuan tanda tangan Presiden RI Jokowi.

“Jadi semoga proses rancangan Perpres M-LIN dapat berjalan lancar sampai ke Bapak Presiden. Apalagi, semangat Bapak Ikram Sangadji yang memimpin jalannya rapat koordinasi untuk Maluku juga sama dengan semangat basudara semua,” tutur Tomy, yang juga Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Jakarta Timur.

Mewakili masyarakat Maluku, Tomy juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pempus, terkhususnya kepada rakyat dan wakil rakyat asal Maluku, yang hingga saat ini terus memperjuangkan percepatan realiasi program strategis nasional (PSN) di Maluku, yakni M-LIN.

“Dengan diterbitkannya Perpres sebagai landasan payung hukum M-LIN, dilanjutkan dengan realisasi, maka setidaknya dapat mengurangi tingkat kemiskinan di Maluku, membuka ruang kerja dan akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat,” ucapnya.
(RIO)

  • Bagikan