MK Dinilai Paling Seksi

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON — Nama-nama bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku, yang bermunculan kian bervariasi. Setelah sejumlah nama seperti Murad Ismail, Jeffry A Rahawarin dan Febry Calvin Tetelepta, kini muncul sejumlah nama untuk posisi wakil gubernur. Mereka diantaranya, Bupati Buru, Ramly Umasugi, Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Mukti Keliobas, mantan Bupati Maluku Tenggara, Herman Adrian Koedoebun, mantan Bupati Maluku Tenggara, Andre Rentanubun, dan anggota DPR RI asal NasDem, Abdullah Tuasikal.

Dari nama-nama bakal calon wakil gubernur tersebut, nama Bupati SBT, Mukti Keliobas (MK) dinilai seksi untuk calon wakil dari kalangan Muslim untuk digaet balon Gubernur berlatarbelakang agama non Muslim. Sebaliknya, untuk balon wakil gubernur dari kalangan non Muslim, nama mantan Kajati Maluku, Herman Koedoebun dinilai sangat seksi untuk digaet.

Kedua figur itu dinilai lebih seksi karena beberapa analisa. Pertama, Mukti Keliobas (MK), selain aktif sebagai politisi Partai Golkar, dia memiliki kekuatan basis yang sangat jelas. Di Kabupaten SBT, pendukung bupati dua periode ini sangat konsisten mendukungnya.
Tidak hanya itu, kekuatan Mukti sebagai Raja dinilai memiliki nilai tambah, sehingga warga SBT maupun daerah-daerah yang menjadi pela atau gandong di Tenggara juga akan memberikannya dukungan.
Selain itu, kekuatan MK juga dibuktikan saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku lalu, dimana suara Said Assagaff yang dimotori MK menang di SBT mengalahkan Murad Ismail.

“Jadi tanpa menafikkan calon lain dari kalangan Muslim, Mukti Keliobas merupakan figur yang layak dipinang sebagai calon wakil gubernur,” ungkap Direktur Parameter Indonesia, Rasmuddin kepada Rakyat Maluku, tadi malam.

Selain MK, mantan Direktur KCI-LSI ini menilai nama Herman Koedoebun juga seksi. Alasannya, Herman hingga saat ini masih memiliki basis yang sangat kuat di wilayah Tenggara, terutama di Kabupaten Maluku Tenggara. Selain itu, Herman juga memiliki strong vote atau pemilih yang solid di Kota Ambon. Hal itu terbukti saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur lalu, dimana mantan Kajati ini meraih suara yang sangat signifikan.

“Nah jikalau ada figur seperti Gubernur Maluku, Murad Ismail yang manggaet Herman Koedoebun maka ini menjadi pasangan calon yang lumayan kuat,” tambahnya.

Lalu bagamana dengan Mukti? Nama MK yang seksi di posisi bakal calon wakil Gubernur Maluku, membuat dirinya dikaitkan dengan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta (FCT). Bahkan, diakui salah seorang kerabat FCT, nama MK sudah masuk dalam radar bakal calon gubernur yang diusulkan ke FCT. Bahkan, ikut dalam nama calon wagub yang disurvey.

“Di internal keluarga FCT, ada dua nama yang diusulan, pertama nama mantan Bupati SBT, Abdullah Vanath dan yang kedua nama Bupati SBT Mukti Keliobas,” ungkap kerabat FCT yang meminta namanya tidak ditulis.

Dari dua nama itu, tambah dia, kecenderungan tim lebih menyukai jika Mukti Keliobas dipasangkan dengan FCT. “Banyak yang menilai, jika FCT-MK maka ini pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang sangat kuat,” tambahnya. (syn)

  • Bagikan